MODEL DAPUR MINIMALIS

Pecel Madiun Berjodoh dengan Kerupuk Jagung

Berbagai macam sayuran, direbus, ditiriskan, dirajang, ditata sedemikian rapih, kemudian diguyur dengan bumbu sambal kacang. Benar-benar masakan sehat, sederhana dan tidak pernah membosankan bagi saya dan keluarga. Adalah Pecel!

Tidak ada kata selain BAHAGIA BANGET, saat mendapat kiriman sambal pecel khas madiun beserta jodohnya yaitu kerupuk jagung. Kiriman dari Madiun yang mana sebagai bentuk kasih sayang ini mendarat dengan manis di rumah.

Pecel Madiun. Bukan nama sebuah warung pecel, melainkan kuliner khas dari kota Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Saya tidak tahu persis dari kota mana pecel berasal, yang jelas dari salah satu kota di Jawa Timur. Namun, jika merujuk pada wikipedia, pecel diperkirakan berasal dari Ponorogo, Jawa Timur.

Kira-kira, apa yang menjadi ciri khas pecel beserta sambal pecel madiun?

Hidangan pecel yang hanya terdiri dari beberapa macam sayur rasanya kurang ramai, ya. Mama saya kalau membuat pecel tidak pernah kurang dari dua macam jenis sayur. Sayur yang sering dijadikan pecel yaitu; kobis, selada air (kenci), bayam, tauge, mentimun dan combrang.

PECEL KHAS MADIUN JAWA TIMUR

Ada yang suka combrang? šŸ˜›

Mama tahu, bahwa satu rumah yang doyan combang hanya beliau. Tapi, selalu saja merebus combrang sebagai pelengkap pecel. Supaya pecel menjadi lebih ramai, menurutnya. Padhal, aromanya…hiish! Begitu macet, langu banget! Teman-teman tahu langu, kan? Bhahahaha

Omong-omong, sayurannya standard banget, ya. Hihihihi Tidak seperti pecel madiun yang menambahkan daun kemangi, daun turi, daun singkong, kecipir dan timun krai. Dan inilah yang membedakan pecel Jawa Timur dan Jawa Tengah. :mrgreen: Aduuh…tidak kebayang aneka macam tambahan sayuran pada pecel madiun. Banyak yang belum saya suka. Hiks Lain halnya dengan sambal pecel madiun!

Sambal pecel yang berlabel “Taman Sari” pada bagian mukanya terbagi dalam tiga varian rasa berdasar pada level, yaitu pedas, sedang dan manis. Terlepas dari level, sambal pecel madiun aroma dan citarasa jeruk purutnya terasa banget. Belum sampai lidah, masih dalam proses ulek sambel, aroma jeruk purut semerbak mewangi. šŸ˜€ Nah, karena sudah diguyur sambel pecel madiun, jadilah pecel buatan Mama saya adalah Pecel Madiun. šŸ˜› *ngga boleh protes*

KERUPUK JAGUNG KHAS MADIUN

Taglinenya sesuai rasa!

Membaca beberapa artikel mengenai pecel madiun, peyek kacang dan atau peyek udang lebih sering sebagai lauk tambahan pecel madiun. Bukan kerupuk jagung. Tapi, saat saya makan pecel dan mencoba kolaborasi dengan peyek, malah terasa kurang cocok. Mungkin karena tidak biasa, ya. Secara, di rumah, peyek lebih sering dijadikan camilan.

Peyek bisa jadi bukan pilihan yang tepat bagi saya. Tapi, kalau kerupuk jagung? Nyam…kerupuknya gurih dan tidak terlalu asin. Renyahnya lain dan pas banget buat jadi teman duel pecel madiun. Lebih nikmat lahi, kalau ada tahu, bakwan atau mendoan. Busyeet…lidah bergoyang! Bhahaha

Kerupuk Jagung “Rejeki” yang memiliki tagline enak, renyah dan mutu terjamin, benar adanya. Karena ini kerupuk yang terbuat dari jagung, jadi jangan kaget kalau banyak minyak yang dihabiskan untuk goreng kerupuk jagung. Ditiriskannya pun butuh waktu cukup lama kalau kamu ingin kerupuknya kering tanpa minyak disela-selanya.

PECEL KHAS MADIUN DAN KRUPUK JAGUNG

Berjodoh banget, kan!

Buat Ibu Reni, terima kasih kiriman sambel pecel beserta kerupuk jagungnya, ya. Kami sekeluarga senang dan cocok banget nih sama aroma dan rasa sambel pecel madiun yang sedap-sedap banget.

Untuk teman-teman yang ingin mencicipi sambel pecal madiun dan kerupuk jagung, silakan berkunjung ke rumah Ibu Reni http://renijudhanto.blogspot.com, ya. Siapa tahu pintunya masih terbuka untuk berbagi sambal pecel. Hahaha

Ehiya, saya dapat sambel pecel karena ikut kuis di group WhatsApp yabg mempunyai tagline “iwikable bikin bahagia dan awet muda”. Makasih buat group yang tiap hari selalu bikin saya terharu bahagia dengan candaan dan beraneka ragam cerita.

23 thoughts on “Pecel Madiun Berjodoh dengan Kerupuk Jagung

  1. Mbak Idah….Combrang itu apa ya? Kalau di jatim sayur yang ibu njenengan pakai buat pecel, malah jadi Rujak. hehehehehe

    Kalau di jatim, sayurnya cuman 3 jenis, yang utama warna ijo, misal daun pepaya, kenikir, bayam. yang kedua kecambah, kembang turi. yang ketiga adalah kemangi.

    Tuh yang pink di foto paling atas. Combrang atau kecombrang, namanya. Hahaha…rujak di sini asumsinya buah. Bukan sayur. Btw, itulah bedanya pecel jateng dan jatim. šŸ˜›

  2. pecel sih yang penting memang sambelnya. kalo sambel dah oke, bahan-bahan dan sayurnya jadi nomor ke sekian šŸ˜€

    Tapi saayurnya penting juga. Musti matang. šŸ˜€ Sama2 pentinglah.

  3. iya,kalau di madiun pecelnya selalu ada kerupuk kotak2,tipis,renyah,enak hehehe..kalau di ponorogo ada tempe lebarnya^^

    Selebar tempe gombong ngga, Kak?

  4. ini bener-bener bikin lapar. ketika sambal pecel bertemu dengan… kerupuk jagung.
    dibayangin aja udah bikin cacing di perut demo :”)

    Demo beneran ngga, sih? šŸ˜€

  5. dari dulu kalo makan pecel paling gak bisa kalo ada kembang turinya, berasa kyak kuda lumping ntar.. hikz..

    Hahahaaha…ada2 saja kamu, Mas. šŸ˜€

  6. Eh, itu kerupuk jagung atau kerupuk puli ya?
    Kok mirip bentuknya kerupuk puli ya

    Dulu saya sering makan pecel di deket alun2 pasangannya kerupuk puli

    Tertulisnya kerupuk jagung, tuh. Njur piye? šŸ˜€

  7. Sekarang pecel ada di mana2. Orang sini ada yang menyebutnya “peccal” šŸ˜€

    Oya Idah … video akuaponik coba browsing2 di Youtube. Kayaknya ada deh kalo yang membuat wadah. Sy browsing dapat banyak video Indonesia. Pake kata kunci akuaponik atau aquaponik: https://www.youtube.com/results?search_query=akuaponik+fadly

    Kalau khusus Fadly, contohnya ada di: https://www.youtube.com/watch?v=2jWBOf_We88

    Mau lihat kebun akuaponik Fadly, saya baru nemu satu foto di Twitternya nih:

    https://twitter.com/FadlyPadi13/status/504662863034589184/photo/1

    Kalo berhasil praktiknya, colek2 yah šŸ˜€

    Hihihi…fasih banget, ya. Sudah nonton videonya. Tapi kok pesimis, ya. Coba nanti kalau agak sela tak coba buat ya, Mbak. Makasih. šŸ˜€ šŸ˜€

  8. Mba idaah enak makanannya
    Kangen makanan2 semacam ini.
    Di bogor khasnya engga gini šŸ™
    Untung klo pagi ada bapa2 org jawa timur jualan nasi pecel madiun…

    Di Bogor khasnya kayak apa, sih? šŸ˜€

  9. Mau coba pecel dari Blitar ? Rasanya beda sama yang madiun. Susah jelasinnya. Rasain sendiri aja deh.

    Kalau tertarik japri via kontak form aja yak, ntar tak kirim gratis dari Blitar khusus buat kamu šŸ˜€ #serius

    Asyiiik…awas kalau ngapusi, lho. šŸ˜€

  10. Kalo di Bogor, pecel ituuuh.. sayurnya wortel, labuputih, toge, kangkung, sama pake tahu :v

    Tapi aku pngn cobaaa sambel pecel sama kerupuk jagungnya, cobaa ahh melipiir ke Blognya mbak Reni, siapa tahu kaan ada kuisnya juga hhaaha *ngarep syekali

    Kok pecel bogor mirip lotek ya, Ran? šŸ˜€ šŸ˜€

  11. aduh Idah dpt rejeki sambal pecel madiun…
    alhamdulillah yaa… ^_^ uenak tenan…

    btw, aku belum pernah coba combrang seumur2…
    kayaknya agak jarang jg yah yg jual… šŸ˜€

    Kalau di pasar banjarnegara banyak yang jual, Mbak. šŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *