Menginap di Sekitar Pantai Menganti

Saya kembali menyambangi kota Gombong dan Kebumen dalam rangka mengukir kenangan bersama bersama Ambar dan Lulu. #TukangUkir* Dua gadis yang makin asyik diajak berkelana. :mrgreen:

Satu dari empat objek yang kami kunjungi, pernah saya singgahi setahun yang lalu bersama tim @CerisWisata. Adalah Pantai Menganti. Pantai selatan yang kini sudah sangat ramai pengunjung dan juga para pedagang lesehan di sekitar pantai.

Langsung cus ke Penginapan atau turun terlebih dahulu untuk menyapa pasir putih barang sebentar?” Saat masih berada di loket pembelian karcis, Ambar mengajak kami untuk sekadar bermain di bibir pantai. Padahal, sebelumnya kami telah susur Goa Petruk dengan trek yang cukup panjang.

Tanpa berdiskusi lama, kami pun langsung menuju penginapan untuk beristirahat. Sore hari jalan menuju penginapan yang berada di puncak makin ramai. Banyak anak muda yang sepertinya ingin menikmati senja dari atas.

Akses menuju penginapan hanya ada satu jalan lurus sampai puncak. Kurang lebih satu kilo meter dari loket penjualan tiket, lalu naik sampai tempat parkir yang telah disediakan, tepat di samping penginapan.

Kami termasuk berutung bisa mendapat penginapan tanpa memesannya terlebih dahulu. Ya…bagaimana mau booking, kontak person pemiliknya saja tidak punya. :mrgreen:

PENGINAPAN MURAH DI PANTAI MENGANTI
Betah lihat yang ijo gini. . .

Sesampainya di lokasi, kami pun segera mecari pemilik penginapan. Sekumpulan anak muda yang berada di depan penginapan, kami kira adalah wisatawan. Tapi ternyata bukan. Mereka adalah pemuda Karangtaruna Desa Karangduwur yang turut menjaga keamanan disekitar pantai dan juga penginapan.

Mas, pemilik penginapannya ada, ngga?” Lulu memberanikan diri bertanya kepada seorang pemuda yang sedang duduk di atas sepeda motor. Para pemuda Desa ramah-ramah. Penampilannya, sih, memang sangar, menakutkan. 😆 Tak lama kemudian, Pak Tarno, selaku penanggungjawab penginapan menemui kami yang sedang asyik berwelfie di sekitar Gazebo mungil belakang penginapan.

Penginapan di sekitar Pantai Menganti belum lama beroperasi. Penginapan ini milik perorangan, bukan pemerintah daerah. Namun, pemiliknya bekerjasama dengan Perhutani untuk sewa tempat dan juga Karangtaruna Desa Karangduwur sebagai tim penjaga keamanan sekitar penginapan.

PENGINAPAN PANTAI MENGANTI
Sengaja ngga rapih. . .pencitraan
FASILITAS PENGINAPAN PANTAI MENGANTI
Salah satu fasilitasnya. . .

Terdapat lima penginapan yang dikemas dalam tiga rumah. Dua rumah saling berhadapan, masing-masing menyediakan dua penginapan dengan fasilitas double bed, kamar mandi dalam, lemari es, almari dan televisi. Sedangkan satu rumah yang hanya menyediakan satu penginapan mempunyai ruang santai yang cukup luas. Penginapan tersebut biasanya dipesan oleh para tetamu yang banyak personilnya.

Penginapan ini tidak dibangun secara permanen: berdingding dan berlantai kayu. Sampai dengan teras depan dan samping penginapan pun demikian. Asyik banget duduk di teras samping penginapan sembari menikmati pemandangan laut lepas dan bukit-bukit hijau.

Kamu perlu tahu, bahwa penginapan tidak menyediakan makanan untuk pengunjung. Sebab, di sekitar penginapan banyak terdapat warung-warung kecil yang menjual minuman, makanan dan camilan. “Berbagi rezeki” Ucap Pak Parno. Jika kamu ingin berkuliner sea food, bisa membelinya senditi atau minta tolong teman-teman Karangtaruna untuk memesannya.

VIEW PANTAI MENGANTI KEBUMEN
Samping penginapan. . .

Harga sewa penginapan menyesuaikan dengan berapa banyak orang yang menginap. Semakin banyak orang, maka harga sewa semakin mahal. Aneh, kan? 😆

Mengapa demikian? Mahalnya sewa penginapan dikarenakan pemilik harus mendatangkan air dari bawah, mengambil langsung dari Desa untuk kebutuhan para tetamu. Ya…biaya airlah yang menjadikan penginapan ini mahal. Namun, standard penginapan untuk dua orang yaitu mulai dari Rp 200.000 per malam.

Fasilitas berupa televisi, lemari es, memang tersedia. Tapi, ngga mesti bisa digunakan. Hihihi Harus banyak bersabar saja, deh, kalau menginap di Menganti, ya. Kalau kamu orang baik, nanti dapat fasilitas yang baik pula. Percaya, deh. :mrgreen:

Tertarik untuk mengainap di Pantai Menganti?

35 Comments

  1. aarkkk cocok buat hanimun nih,pemandangannya bagus bangettt..bisa jalan2 kesana juga ya^^
    200ribu lumayan murah,ada kulkas gedenya hahaha,tapi pemandangannya itu lo….

    Asyik, ya. 😀

  2. Saya yang asli Kebumen malah belum pernah ke pantai Menganti, apalagi nginep di sana.
    Matur nuwun sudah memperkenalkan wisata Kebumen, Mbak Idah.

    Hehehe…agendakan saja, Abi. 😀

  3. Bagus pemandangannya
    Kapan2 ke situ ach sama Idah
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    Hayuuk kapan, Pakde? 😀

  4. wis tau krungu tapi enyong durung tau ngeneh koh. payah ya
    padahal nggone apik pisan ya jebule

    Ya nek ana waktu dolan Menganti. 😀

  5. aku baca keindahan gombong dari tetangga yang memang asli dari sana, jadi sedih ih, tetanggaku meninggal di kampungnya karena kecelakaan jatuh dari tebing dekat pantai

    Musti lebih hati2 lagi kalau pikinik, ya.

  6. penginapannya asyik banget di pinggir laut gitu, asyik tuh idah buat honeymoon

    Sepi kalau malam2 di pantai ya, Mbak. 😀

  7. Beberapa kali ke Gombong, taunya cuman museum benteng Van Der Wijck, ternyata disana juga ada tempat seindah ini ya 😀

    Main-main, Mas. .. 😀

  8. kebumen, ternyata gak jauuuuh dr Yogya ya?
    Etapi, lokasi penginapannya asyik banget itu, mendukung jika mau menyepi dan menulis buku di situ barang setahun gettu

    Itu planning kamu, Mbak? 😀

  9. Keren ya pantainya.. kalau udah banyak resort pasti kaya kuta bali nih…

    Mirip2 gitu, ya. 😀

Comments are closed.