Tips Traveling Hemat Bersama Teman, Tetapi Tetap Seru

Tips Traveling Hemat

Tips Traveling Hemat – Traveling sering kali dianggap sebagai kegiatan yang mahal, tetapi dengan perencanaan yang baik, kita dapat menjelajahi destinasi impian tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Apalagi kalau kita dapat berpegang teguh dan fokus dengan tujuan awal traveling.

Yaps, sebelum pergi traveling memang wajib membuat rencana perjalanan. Apalagi jika perginya nggak sendirian, harus lebih prepare karena harus memikirkan teman seperjalanan yang mungkin berbeda selera makan, berkendara, penginapan, meskipun hendak mengunjungi destinasi wisata sama.

Teman-teman yang hobi traveling pasti pernah mengalami perbedaan selera saat traveling bersama teman-teman atau bestie, kan? Yang satu pasti mabok kalau naik Bus, yang satunya memilih naik Bus karena lebih hemat. 😀 Salah satu contohnya seperti itu, ya.
Pengambilan Konten di Tempat WisataLalu, bagaimana caranya traveling tetap seru, tapi nggak bikin kantong “bolong”? Pada artikel ini, aku akan berbagi cara atau tips traveling hemat bersama teman, tetapi tetap seru.

Pengalaman Traveling Bersama Teman.

Aku pernah merasakan masa-masa menyenangkan sekali traveling bersama teman. Masih lekat dalam ingatan ketika aku berniat traveling ke Bandung secara mandiri. Saat itu, aku masih single dan memang suka sekali bertualang menggunakan moda transportasi umum seperti Bus, Kereta, atau Transportasi lokal. Maklum, saat itu belum banyak transportasi online yang bisa dipesan kapan saja.

Setelah membuat itinerary,  aku iseng membagikan status di facebook kalau dalam waktu dekat akan traveling ke Bandung yang saat itu memang ingin sekali mengunjungi kawah putih. Sungguh status yang aku buat sekadar menginformasikan saja. Eh…lha, kok, ada beberapa teman yang mengomentari ingin bergabung. Asyik benar, kan.

Aku pikir punya teman perjalanan itu asyik. Memang iya, asyik banget karena jadi punya teman buat ngobrol saat perjalanan, punya teman buat berbagi kebingungan saat nggak bisa membaca arah dengan bantuan google maps. 😀 Tapi terlepas dari itu, aku harus bisa mengimbangi dan juga harus pandai menyesuaikan supaya traveling semakin menyenangkan.

Traveling bersama teman harus punya rasa toleransi yang tinggi. Dari traveling ini, kita bisa banyak belajar. Iya, nggak hanya pengalaman saja yang didapatkan, tapi banyak juga pelajaran yang kita dapatkan. Belajar lebih sabar lagi karena ternyata temannya jalannya lambat, misalnya. Belajar menekan napsu belanja ketika teman kita punya budget untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga besar. 😀

Baca lagi tentang 3 Destinasi Wisata Batang yang Wajib Dikunjungi.

Tips Traveling Hemat Bersama Teman, Tetapi Tetap Seru.

Saat traveling bersama teman harus selalu ingat filosofi ilmu padi, jangan menganut sistem token listrik supaya semakin seru. Yuk, ikuti tips traveling hemat bersama teman biar pas pulang traveling nggak merasa habis dirampok. 😀

Tips Traveling Hemat

1. Menetapkan Prioritas Kegiatan.

Sebelum membuat jadwal perjalanan, kita wajib mencari tahu obyek atau kegiatan apa saja yang dapat kita lakukan di sebuah destinasi wisata yang hendak kita kunjungi. Setelah tahu, bikin prioritas kunjungan supaya kita dapat fokus pada kegiatan yang paling penting dan tentu yang menarik bagi kita.

Satu hal yang perlu diingat, kita nggak perlu melakukan semua kegiatan turistik yang ada di destinasi, terutama jika kegiatannya akan menambah banyak anggaran perjalanan.

2. Membuat Itinerary dengan Cermat.

Sebelum memulai perjalanan, wajib banget membuat rencana perjalanan dengan cermat. Kita harus mentukan destinasi yang ingin dikunjungi. Karena traveling nggak sendirian, jadi wajib juga untuk berdiskusi dengan teman perjalanan terutama untuk menyatukan visi dan misi traveling bersama. 😀

Jangan lupa setalah membuat rencana perjalanan, bikin anggaran untuk transportasi, akomodasi, makanan, dan kegiatan lainnya. Memiliki rencana perjalanan dan juga budgeting yang jelas akan membantu kita menghindari pengeluaran yang nggak perlu.

3. Memilih Waktu yang Tepat untuk Traveling.

Traveling ketika hari libur panjang atau musim liburan anak sekolah harus kita hindari. Kenapa? Karena biasanya harga akomodasi dan tiket masuk obyek wisata bisa jadi lebih mahal. Makanya kita harus pandai-pandai memilih waktu yang tepat untuk traveling supaya pengeluaran untuk akomodasi dan tiket transportasi nggak membengkak.

4. Memanfaatkan Transportasi Lokal.

Mumpung traveling bersama teman, kita bisa memanfaatkan share cost untuk sewa sepeda motor atau mobil ketika sudah tiba di lokasi. Selain menghemat waktu dan tenaga, ini juga akan menghemat pengeluaran karena nantinya pengeluaran transportasi dibagi dengan teman.

Nah, kalau pingin lebih hemat lagi, kita bisa memanfaatkan transportasi lokal seperti bus, kereta api, atau angkutan umum lainnya untuk berpindah-pindah antar tempat. Bukan rahasia umum lagi, sekarang banyak Bus yang memberikan rasa nyaman dan aman kepada para penumpang.

5. Pilih Akomodasi dengan Harga Terjangkau.

Akomodasi menjadi salah satu rencana perjalanan yang harus kita perhatikan. Setelah seharian traveling, sudah pasti ingin tidur dengan nyenyak, nyaman, aman, tanpa gangguan. Kebetulan aku tipe orang yang lihat bantal dikit saja sudah langsung pingin tidur. Artinya, nggak pernah ribet urusan penginapan. Apalagi kalau sudah berniat traveling hemat, Reddoorz menjadi pilihan tepat untuk akomodasi.

Yaps, mau traveling berhari-hari, kalau nginepnya di Reddoorz sudah pasti hematnya. Apalagi booking lewat aplikasi sering mendapatkan diskon. Ini kalau patungan sama teman, bisa tambah hemat lagi, kan.

Teman-teman yang ada rencana traveling ke Subang, silakan cek Rekomendasi Hotel Murah di Subang. Dengan fasilitas yang lengkap dan harga terjangkau, Reddorz mampu memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan.

Tips Traveling Hemat Bersama Teman

6. Cari Tempat Makan Lokal.

Setiap kali traveling ke suatu daerah, aku nggak pernah melewatkan untuk mencari tempat makan lokal. Selain harga lebih hemat, kita dapat mencicipi kuliner khas setempat. Pokoknya, aku sangat suka makan makanan lokal karena pasti memberikan pengalaman kuliner yang autentik.

Berhemat saat traveling itu perlu. Bahkan harus dilakukan ketika anggaran kita sudah mulai menipis karena mungkin ada kegiatan di luar rencana yang mana mengharuskan kita mengeluarkan uang lebih. Namun jangan lupa untuk tetap bahagia saat traveling, ya!

Buat teman-teman yang punya pengalaman atau punya tips traveling hemat bersama teman versi kamu, boleh sharing melalui kolom komentar, ya.

Baca juga Begini Caranya Traveling Sesuka Hati.

You Might Also Like

Leave a Reply