Flowchart dan Simbolnya

Definisi Flowchart (Diagram Alir) :

Bentuk gambar/diagram yang mempunyai aliran satu atau dua arah secara sekuensial

Kegunaan:

  • Untuk mendesain program
  • Untuk merepresentasikan program

Maka, flowchart harus dapat merepresentasikan komponen-komponen dalam bahasa pemrograman.

Pembuatan Flowchart

  • Sebelum pembuatan program

                Mempermudah programmer dalam menentukan alur logika program.

  • Sesudah pembuatan program

                Menjelaskan alur program kepada orang lain.

Flowchart

Secara garis besar, unsur-unsur pemrograman adalah Input >>> Proses >>> Output. Semua bahasa pemrograman, pasti mempunyai komponen-komponen sebagai berikut :

  •  Input (read)
  •  Percabangan (if, case)
  •  Perulangan (while, for, repeat)
  •  Output (write)

Membuat alur logika program memang susah, logika harus benar-benar jalan. Dengan bantuan flowchart, mungkin hasilnya akan mudah dibaca. Beberapa simbol dari flowchart:

simbol flowchart

Simbol Flowchart

Untuk lebih jelas penggunaannya lihat contoh di bawah. Contoh Flowchart yang diterapkan dalam FlowMap.

 

Flowchart Sistem Informasi

21 thoughts on “Flowchart dan Simbolnya

  1. Sebenarnya njenengan kuliah ambil jurusan apa sih mbak??? Jurusan banjar – jogja??? :silau: :silau: :silau:

    Jurusan Selogiri, mas. .. :melet:

  2. siip … materi akan menjadi brainstorming yang pasti mudah untuk dimengerti, inilah tekhnologi 🙂

    Hidup tekhnologi. . :senyum:

  3. Ingat jaman belajar Bahasa Basica dan Pascal…

    Saya malah belum belajar bahasa basica. Baru belajar bahasa qalbu. 😆
    Pascal itu putranya mama lidya. :senyum:

  4. jadi inget kuliah belajar bahasa program…
    saya juga menanyakan hal yg sama neng idah…
    jurusan apa dirimu??????

    Iyya, benar sekali.
    Ini tahap manual untuk membuat progam, mba. . .
    Aku ambil TI, Mba Izza. Bukan matematika koq. :senyum:

  5. seperti flowchartnya program visual basic mbak
    dulu waktu mempelajari VB bikin kepala mumet mau pecah mbak idah ^^

    Flowchart itu milik siapa saja koq, gak hanya visual basic. :senyum:
    Waw, menakutkan sekali sepertinya ya?
    Kepala pecah kayak gelas mau pecah gak, mas? :senyum:

  6. pertama kali belajar ini tahun 96 waktu pertama masuk kuliah 🙂

    Iyya, Mom.
    ini mata kuliah semester 1, dan sedang tak pelajari lagi. :senyum:

  7. Maksudnya apa yah ce idah, Jay kurang paham nih 🙂
    Apa otak Jay yg bego kagak ngarti begituan 😆

    Santai saja, Bang.
    Nanti juga paham. :senyum:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *