Review Sigandul View Coffee, Resto, & Villa

Sigandul View (4)

Review Sigandul View Coffee, Resto, & Villa – Hei, Bestiana! Apakah kalian sudah pernah mampir ke coffe shop atau resto yang dalamnya ternyata menawarkan obyek wisata dan juga menyediakan villa? Mungkin langka, ya. Karena biasanya, tuh, yang ada Villa tapi menawarkan coffe shop dan juga resto buat para pengunjung. 😀 Apa pun itu, yang jelas ini pertama kalinya aku singgah di Sigandul View bareng teman-teman yang saat itu baru dinas luar.

Hari itu sudah petang. Harusnya kami langsung saja pulang karena keluarga pasti sudah menunggu di rumah. Tapi jiwa nongkrong meronta-ronta, nih. Rasanya memang sudah lama banget enggak nongkrong di malam hari buat sekadar ngopi-ngopi, mazeh. 😛 Ya paling enggak bisa santai sejenak di luar karena dari pagi sudah duduk santai di dalam mobil dan sungguh membosankan. 😀

Saat arah perjalanan pulang, kami melewati beberapa coffee shop. Artinya, ada beberapa pilihan buat nongkrong. Dan setelah melihat beberapa pilihan kafe melalui google review, kami sepakat mampir ke Sigandul View. Tempat ngopi dan makan yang sedang hits karena di situ ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung. Iya, enggak hanya ngopi dan makan saja, tapi lebih dari itu!

review sigandul view temanggung

Kenalan Dulu Dengan Jembatan Sigandul yang Mungkin Menjadi Inspirasi Sigandul View.

FYI, Sigandul adalah nama jembatan di Temanggung yang diresmikan pada tahun 2016. Jembatan ini menghubungkan akses jalan Wonosobo dan Temanggung. Jembatan Sigandul telah dilakukan pelebaran untuk memudahkan perjalanan para pengguna jalan. Iya, biar enggak macet-macet karena jembatan ini ada di jalan utama provinsi.

Jembatan ini pernah viral karena bagus buat foto-foto. Saking seringnya hasil foto diunggah di media sosial, semakin banyak pemburu view di sini. Paling bagus itu pemandangan pas sore hari, tampak semburat jingga yang menambah hasil foto lebih cantiqueen. 😉

sigandul view
sebelah kanan atas, terlihat jembatan sigandul…

Karena setiap hari semakin ramai, akhirnya terciptalah ide bisnis kafe dan resto yang lokasinya cukup dekat jembatan Sigandul. Yaitu Sigandul View Coffee, Resto, & Villa.

Tentukan Dulu, Cukup Jajan Saja atau Sekalian Wisata.

Sigandul View merupakan sebuah kafe, resto & villa yang menawarkan view bagus berupa latar belakang gunung Sindoro dan Sumbing yang dapat terlihat jelas dari lantai tiga. Dengan catatan kondisi sekeliling sedang cerah dan enggak berkabut, ya. 😀

Meskipun resto ini menawarkan wisata alam, namun pengunjung berhak menentukan untuk sekadar jajan saja atau sekalian berwisata. Kalau kalian hanya mau makan dan minum saja, cukup di dalam kafe, ya. Dan ini enggak menambah cost. Cukup bayar apa yang kalian pesan di kafe ini.

Lain halnya jika kalian juga ingin menikmati wisata alam Sigandul View. Kalian harus membeli tiket masuk Rp 15.000/orang. Jadi, wisatanya ini terpisah dengan kafenya, ya. Kalian harus keluar dari kafe dengan melewati pintu masuk lokasi wisata yang sudah disediakan.

review sigandul view

Kalau sudah sampai sini, sih, aku sarankan buat beli tiket wisata sekalian, ya. Soalnya pemandangan dari luar kafe ini lebih menyenangkan ketimbang duduk-duduk di dalam dowang. Yaa…walaupun di dalam kafe juga seru karena bisa dengerin live music. Tapi udara di luar itu, lho, sejuk banget khas udara pegunungan. 😉

4 Aktivitas Menarik di Sigandul View.

Dengan uang saku yang masih agak bisa ditoleransi buat jajan, kami pun memutuskan untuk sekalian berwisata di Sigandul View yang baru dibuka secara resmi pada April 2022. Tempat ini menawarkan konsep wisata kuliner yang dibalut dengan keindahan alam. Ya…paling enggak singgah kali ini menambah daftar kunjungan wisata di Google. 😆

Nah, berikut 4 aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Sigandul View, Temanggung, Jawa Tengah.

Foto di Jembatan Kaca yang Paling Banyak Diburu Wisatawan.

Jembatan kaca ini paling hits dan paling banyak diburu para pengunjung Sigandul View. Bentuk jembatannya unik, memanjang dengan ujung membentuk lingkaran. Kesannya ada manis-manis, gitu. Enggak lempeng banget. 😀 Ditambah lagi dengan pemandangan latar belakang perbukitan, segar syekali.

review sigandul view jembatan kaca

Aku sendiri main ke sini salah satunya ingin merasakan sensasi berfoto di atas jembatan kaca. Tenang, jembatan ini aman banget karena materialnya dari besi dan terlihat kokoh. Di sampingnya pun diberi pegangan yang terbuat dari rangka besi. Solusi banget, deh, buat kalian yang agak takut ketinggian, bisa pegang tangan pacar atau kalau kurang bisa jalan sambil pegangan rangka besi yang ada di samping kanan dan kiri jembatan, ya.

Untuk keamanan, jembatan ini menerapkan kapasitas maksimal 10 orang (di ujung jembatan kaca) dalam waktu bersamaan. Kalau aku, sih, mending antre dulu. Seperti saat mau naik di jembatan kaca Kahyangan Skyline. 😀

Baca juga review Kahyangan Skyline, Wonosobo.

Teropong Dua Gunung, Sindoro dan Sumbing dari Lantai Tiga.

Biar enggak naik turun, aku sarankan dari pintu keluar langsung mengambil arah kanan untuk menuju tiga. Barangkali ada yang penasaran ingin melihat Sindoro dan Sumbing dari dekat, bisa langsung meneropongnya di area atas ini.

Sayang banget, saat aku ke sana cuaca sedang mendung. Sekeliling pun berkabut. Jadi enggak bisa melihat dua gunung dari dekat dan enggak bisa juga mendapatkan foto dengan latar belakang gunung. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini memang pagi hari saat cuaca sedang cerah. Kalau sore hari sudah dipastikan berkabut. Kledung ini memang dikenal dengan daerah berkabut. 😀

Eksplor Sekeliling Villa yang Teduh dan Asri.

Meskipun aku melewatkan aktivitas ini, tapi setidaknya aku dapat melihat pemandangan villa yang sangat asri, teduh dan sejuk dari lantai dua atau tepatnya dari area jembatan kaca. Di depan villa ini terdapat kolam jernih yang berisi ikan koi. Duduk-duduk di sini dan foto-foto di sekitar kolam sambil mainan ikan pasti hasilnya lucu banget. 😀

Di sini tersedia dua villa untuk kapasitas masing-masing enam orang. Terus, jika menginap di villa, tamu sudan mendapatkan fasilitas makan dan minum gratis dari Sigandul View. Sayangnya aku enggak tanya-tanya harga sewa penginapannya.

villa di sigandul view temanggung

Selain villa, di sini juga disediakan ara camping, lho. Jadi buat yang suka camping bisa langsung reservasi.

Setiap Sudut Sigandul View Fotogenic.

Lokasinya berada di dekat Villa. Ada satu tempat yang bisa buat duduk-duduk santai pakai bean bag. Karena lokasinya out door, asyiknya ngongkrong di sini pas matahari lagi redup, ya. Kalau pas lagi panas-panasnya bakal silauw pastinya. Sigantul view ini memang disetting sebagai wisata yang ramah buat foto-foto, jadi enggak heran kalau setiap sudutnya, tuh, hasilnya bagus buat foto-foto. Bikin betah.

Harga Menu Makan, Minum dan Snack.

Menu spesialnya di sini yaitu ada olahan dari Iga mulai dari Sop sampai Iga bakar. Menu makan lainnya juga cukup beragam, mulai dari olahan Ayam, Nasi Goreng, Nila, Bakmi, dll. Harganya masih dalam batas wajar, mulai dari Rp 21.000 sampai yang termahal Rp 45.000 yaitu Iga Bakar sudah include nasi.

Sementara minuman, di sini menawarkan banyak pilihan menu minuman. Mulai dari yang standard seperti Teh, sampai dengan Coffee Based. Buat yang suka manual brewing, ada juga, lho. FYI, Temanggung memang dikenal dengan daerah penghasil kopi. Dan Sigandul View ini juga mengangkat potensi kopi lokal. Harga minuman mulai dari Rp 10 ribu yaitu Teh, Latte mulai dari Rp 20 ribu, kemudian yang paling mahal ada Cool Drips yaitu Rp 40 ribu.

harga dan menu di sigandul view temanggung

Buat yang suka nge-meal enggak usah khawatir karena tersedia camilan tradisional seperti singkong goreng, pisang bakar, sampai dengan camilan kesukaan anak-anak yaitu kentang goreng. Harganya masih sangat wajar yaitu mulai dari Rp 15 ribuan/porsi.

Fasilitas.

Aku bersama teman-teman singgah di sini selain sekalian nongkrong, tujuan utamanya yaitu beribadah karena pas banget adzan maghrib. Yups, di sini sudah disediakan mushola, dan juga toilet. Tempat parkirnya cukup luas, bisa untuk kapasitas 20 mobil.  Parkir berbayar Rp 5 ribu/mobil. Selain spot foto, di area out door juga terdapat beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk bersantai.

Jam Operasional.

Lebih seru lagi, jam operasional Sigandul View ini dibuka mulai jam 05.00-22.00 WIB saat weekend. Buat para pemburu sunrise, cocok banget singgah di sini dari pagi buta, ya. 😀 Sementara di hari biasa atau weekdays, buka mulai dari jam 07.00 – 21.00 WIB.

Lokasi Sigandul View.

Lokasi Sigandul View ini berada di seberang jalan raya utama yang menghubungkan antara Wonosobo-Parakan-Temanggung. Jaraknya dari pusat Kota Temanggung kurang lebih 17 km dengan waktu tempuh kira-kira 30 menit. Berlokasi di Lereng Gunung Sindoro atau di Jalan Raya Parakan-Wonosobo KM 8, Temanggung, Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

My Impression!

Meskipun aku singgah di Sigandul View enggak lebih dari dua jam, saya merasa puas dan sangat menikmati semua yang ada di sini. Mulai dari masuk kafe yang disambut dengan live music yang mana suara vokalisnya bikin nyaman telinga. Terus, untuk pelayanannya sesuai dengan antrean dan enggak begitu lama. Sayangnya saat itu aku dan teman-teman hanya pesan latte saja karena memang perut masih dalam keadaan kenyang tapi pingin ngopi. 😀 Jadi, enggak bisa memberikan rating untuk makanannya.

Tempatnya nyaman, bersih, dan pelayannya juga tanggap. Apalagi pas giliran mau foto di atas jembatan. Niatnya mau minta tolong teman buat take photos, tapi ada waiters yang nawarin buat fotoin. Yaudah, langsung jepret saja! 😆

pengalaman wisata sigandul view
dari lantai tiga, sebelah teropong…

Btw, ada yang sudah pernah ke Sigandul View? Boleh berbagi pengalamaannya lewat kolom komentar, ya.

You Might Also Like

17 Comments

  1. Suciarti Wahyuningtyas

    Cakep amatan ini mbak tempatnya, viewnya masya Allah… Wah dicatat dulu nih, siapa tau nanti pas lagi liburan lewat Temanggung bisa dimampirin nih. Penginnya sih sambil nginep di villanya gitu ya, tapi makan dan ngopi di kafenya juga oke.

  2. eni martini

    wow keren banget ya viewnya apalagi yang di jembatan kaca, kayaknya kalau berdiri disitu ngeri ngeri sedap,

  3. Ruli retno

    Seneng deh sekarang lagi trend objek wisata yang mengutamakan daya jual berupa view yang bagus, karena efeknya tentu saja nanti view yg bagus ini akan tetap terjaga ya dalam waktu lama

  4. molly

    jadi inget view restoran cimory di bogor. sama2 cantik restorannya. harganya lebih murah di jateng tapi.

  5. andiyani achmad

    wuih, iya ini bagus banget view-nya lho, masyaallah,, kayak lukisan, bening pisan! Bisa betah sih sruput kopi di sini

  6. Gusti yeni

    Kereen banget tempatnya, sayang tidak sejalur dengan rute mudikku????…
    Sekarang banyak tempat asik spt itu krn banyak yg nongkrong sekalian selfie yaaks…

  7. Dian

    Wah, cantik sekali pemandangan di Sigandul View Coffee, Resto, & Villa ini mbak
    Banyak spot foto instagramable ya

  8. Adriana Dian

    Cakep banget itu sigandul view.. bener bener bagus banget viewnya maaaak.. aku kira cuma resto aja, ternyata ada penginapannya juga ya maaaak

  9. Erin

    Betul memang masih jarang villa yang sekaligus memiliki view bagus dan coffee shop nya. Kalaupun ada biasanya jauh dari rumah. Kaya Sigandul View Coffe, Resto, dan Villa ini. Semoga bisa berlibur ke sini, viewnya keren banget.

  10. Utie adnu

    Kepingin juga deh mba foto di Jembatan kaca ini paling hits dan paling banyak diburu para pengunjung Sigandul View. Paling gak aku mau buat reels , bagus bangrt sih memang viewnya pantas aja diburu

  11. lendyagassi

    Hihi..ikutan seneng lihat senyum bahagia kak Ida berfoto bersama dengan view terbaik di Sigandul View.
    Jembatan kaca ini bikin tremor sih… tapi berasa keren kalo bisa foto disana, hehhe…
    Suasana nyaman, makanan harga ramah di kantong, rasanya seneng banget menemukan hidden gems di Temanggung, Jawa Tengah.

  12. Rahmah

    Namanya lucu banget ya
    Sigandul…
    Aku jadi ingat opletnya Doel yang gandul gandul ????
    Kapan kapan ke sana ah nikmatin

  13. Damar Aisyah

    Lokasinya asri dan instagramble banget. Jembatan kacanya juga cakep untuk foto2. Bakal seru banget nongkrong di sini sambil nyemal-nyemil.

  14. Armita Fibriyanti

    Cozy banget… Wajib mampir ke Sigandul nih kalau lagi di Temanggung, adem view bagus Gunung Sindoro

  15. Rina Susanti

    Dari fotonya aja keliatan enak tempatnya, viewnya bagus , enak nih buat wisata keluarga

  16. Ani Ivon

    Tempat wisata paket komplit deh, bisa nongkrong seru sambil makan plus nginap kalau waktu nongrongnya berasa kurang ya. Jembatan kacanya kece banget itu, nambah koleksi foto buat nampang di Instagram.

  17. Review Pempek dan Tekwan Cek Efi

    […] Baca artikel tentang Review Sigandul View, Temanggung. […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: