SOPING Krandegan, Soto Asli Favorit Ibu

SAOTO BATHOK SAMBISARI YOGYAKARTA

“Sotonya asli apa ngga? Kalau ngga, mending kita ngeBakso aja, deh.” Tiap kali aku mengajak Ibu nyaoto, pasti beliau tanya gitu. Padahal, Ibu tahu kalau aku sudah mulai ngga lahap makan bakso. KZL.

Kuliner Soto di Banjarnegara saat ini cukup banyak. Ada lebih dari 5 Warung Soto yang punya ciri khas masing-masing. SOPING atau Soto Pak Aping, misalnya. Soto ini -sepertinya- ngga ada yang nyamain. Sekilas hampir mirip dengan Soto Betawi. Tapi, Soping lebih sederhana penyajiannya.

Omong-omong tentang Soto asli, asli yang dimaksud di sini bukan asli dalam arti sebenarnya. Ini cuma Ibiku saja yang menggap bajwa Soto seperi sotonya Pak Aping adalah Soto asli. Sedangkan Soto lainnya? Emm…PALSU kalik, ya. Hahaha Ya…secara, kini makin banyak kreasi makanan indonesia yang satu ini, kan.

SOPING, berlokasi di Kelurahan Krandegan, Soto Pak Aping adalah satu-satunya Soto favorit Ibuku. Alasan kenapa SOPING menjadi Soto favorit yaitu karena pemilihan dagingnya.

SOTO KRANDEGAN
Warungnya sederhana gitu, deh. . .

Daging yang menjadi campuran Soto ini adalah daging sapi. Di warung soto ini, irisan daging sapinya lumayan berat, lho. Ibu lebih memilih Soto daging sapi ketimbang Soto ayam karena beliau punya potensi darah tinggi. Ya…andai ayam yang buat toping pelengkap itu adalah ayam kampung, sih, Ibu masih doyan. Kebanyakan ayam yang digunakan, kan, ayam petelur. Ibuku ogah banget makan ayam yang punya body montok itu. 😀

Dagingnya adalah daging sapi, itulah soto asli versi Ibuku. Selain dari daging, takaran asli menurut Ibuku yaitu dilihat dari kuahnya. Kuah untuk Soto umumnya ada dua jenis, yaitu kuah bening dan santan. Bagi Ibuku, Soto asli yaitu soto yang kuahnya pakai santan. Beeuh…lupakan sejenak kolesterol ya, Buk? 😆

Kuah Soto Aping ini cenderung legit. Dalam satu porsi berisi komposisi inti, yaitu; Ketupat, Daging Sapi, Kuah dan taburan berambang goreng. Tambahan lainnya yang bikin Soto makin sedap yaitu kecap dan sambal. Sederhana banget, kan? Ngga ada tomat, dedaunan macam selederi atau daun bawang. Ngga neko-neko, meski nampak pucat. So simple.

SOTO DAGING KRANDEGAN
Nampak sederhana, bukan?

Tampilan boleh sederhana lah, ya. Tapi, kalau Warung Soto yang letaknya persis di pinggir jalan raya selalu ramai pembeli, berarti ada hal lain yang telah membuat mereka ketagihan, dong.

Menurutku, Soto Aping ini seperti Soto rumahan yang mana aroma kuahnya harum. Aroma tersebut bukan semata dari berambang goreng, tapi dari bumbu yang sudah menyatu dengan kentalnya santan kelapa.

Bagi Ibuku, Soto asli ngga cukup hanya dengan daging dan kuah saja. Harus pakai ketupat! 😀 Menurut Ibu, makan Soto yang ngga pakai ketupa seperti sedang makan Sup. Ngga ada bedanya. :mrgreen:

Namanya selera memang unik, ya. Daging Sapi, Kuah Santan dan Ketupat, itu lah Soto asli menurut Ibuku. Soto yang hanya ada di Warung Soto Pak Aping, soto favorit Ibu. Warungnya memang sederhana, hanya terdapat empat meja saja. Warung yang berada tepat di tepi jalan ini membuat para pelamggan cukup susah untuk parkir kecuali nyempil jalan raya. Persis di depan warung. 😉

Teman-teman satu selera sama Ibuku? Coba lah sesekali makan SOPING. Dolan mBanjar. 😉

Soto Pak Aping, Krandegan

  • Alamat: Kompleks perempatan Krandegan. Jl. Mayjen Sutoyo, Banjarnegara, Jawa Tengah.
  • Harga: Rp 15.000 per porsi

Baca juga: Makan Soto di Pinggir Hutan

You Might Also Like

23 Comments

  1. Juvmom

    Kok malah jadi mirip opor yah ketimbang soto, hihihi

  2. Anggi Agistia

    Ibu kok lucu ya nanya sotonya asli apa enggak hihi iya sih kok lebih mirip opor rasanya dibandingkan soto ya idah

  3. Yoekaa

    Kayaknya enak sekali… wahhh…. jadi ngilers

  4. elkilani kurnia

    Sotonya seger banget kayaknya, mirip opor ayam

  5. pungky

    Bawa aku kesitu yaaaa… harusss

  6. lianny hendrawati

    Baru tau kalo ada kuah soto yang pake santan 🙂

  7. Jarwadi MJ

    idah, makanan kamu enak enak, yakin berani melahab makanan makanan itu

  8. katon sumargi

    Yami,,, kelihatanya enak sekali yah, lain waktu kalau ke banjar mampir ah,,, jadi ngiler nih ,,,Hehe

  9. Pakde Cholik

    Kelihatannya mantep nih
    Baru makan soto Sukaraja di Purwokerto sj
    Salam hangat dari Jombang

  10. Ika Koentjoro

    Aku belum pernah coba soto yang berkuah santan. Penasaran kayak apa rasanya

  11. Mugniar

    Soto asli?
    Hihihi saya agak bingung dengan pertanyaan ibunya Idah di atas. Buat Ibu, ada soto yang palsu yah? 😀

  12. HM Zwan

    sedap kali kakakkkkk…itu kuahnya kayak kuah kare ya,kentelll…maknyus^^

  13. Hasan

    sayangnya terlalu jauh untuk mencicipi soto tersebut (cry)

  14. Nurman

    Muantappp jadi pengen nyoba kelejatannya.

  15. nova violita

    kelihatan sederhana..tapi gak sederhana di lidah… kayanya enak banget..

  16. Uci

    Andai dekeuut 😀
    Soping, yg di jalan2 biasanya beda suasananya dibanding resto dan ngga kalah enaknya juga

  17. Ayu Citraningtias

    Jadinya mirip opor ayam mba aku liatnya 🙂

  18. adi pradana

    Endeus nih… jadi laper…

  19. Blogger Indonesia

    Sotonya beda banget sama soto di daerah saya ya (Solo) itu kok kuahnya sepertinya kental sekali. Tapi biasanya kalau yang kental-kental gitu lebih enak, hehehehe

  20. nengbiker

    disarankan ngga baca postingan ini saat pagi dan belum sarapan

  21. irul

    wihh enaknya, jadi laper 🙂

  22. anna mega

    Beneran lohh ini soto enak bangett,dari jaman ak kecil udah legend banget.secara t4 tinggalku masih 1 desa se krandegan ama yg jual,jd dr kecil udh sring mam soto di situ.beneran enakk,bikin nagih,dan yang pasti harganya jg ckup terjangkau ????.tampilan sih emang kaya opor,tp opor mah lewat.ini enaknya kebangetan ????????bagi yg di luar daerah,barangkali pas lewat bisa mampir icip2 soto nya.

Leave a Reply