Pintu Masuk Gallery UMKM Banjarnegara

Menggerakkan Gallery UMKM Banjarnegara

Gallery Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Banjarnegara. Pemerintah Daerah (Pemda) Banjarnegara belum lama ini meresmikan sebuah gedung yang digunakan sebagai pusat atau wadah karya-karya orang Banjarnegara. Adalah Gallery UMKM Banjarnegara. Grand Opening Gallery UMKM Banjarnegara berlangsung tanggal 17 Januari 2013. Belum lama, kan? Gallery ini bertempat di Terminal Induk Banjarnegara, lantai dua.

Yang dimaksud karya-karya orang Banjarnegara itu apa sih? Ceritanya, Kabupaten Banjarnegara kan mempunyai produk-produk unggulan tuh, jadi supaya produk tersebut bisa lebih dikenal oleh masyarakat pemerintah memberikan tempat khusus untuk mereka yang berkarya. Hasil produk (apapun) di pasarkan di Gallery UMKM Banjarnegara. Gallery ini sekaligus sebagai pusat oleh-oleh khas Banjarnegara.

Tempat santai UMKM Banjarnegara

Tempat santai UMKM Banjarnegara

ย Tempatnya lumayan luas dan free hot spot area. Ada kantor (front office) juga lho. Kantornya dipakai oleh beliau-beliau yang juga mengelola Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Banjarnegara. Gallery ini dibuka setiap hari, dari pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Setiap harinya ada yang menjaga gallery ini. Entah secara digilir atau ada karyawan tetap, saya tidak tahu.

Front Office Gallery UMKM Banjarnegara

Front Office Gallery UMKM Banjarnegara

Selain sebagai tempat untuk memasarkan produk unggulan khas Banjarnegara, gallery juga sering sekali digunakan untuk pertemuan. Misalnya; pertemuan pemuda Banjarnegara, Blogger Bajarnegar, Ruang belajar atau pelatihan dan untuk beberapa kegiatan masyarakat lainnya.

Terus, apa saja produk yang ada di Gallery UMKM Banjarnegara? Diantaranya adalah; produk unggulan keramik klampok, lukisan, produk minuman, produk makanan dan masih banyak produk lainnya karya orang-orang Banjarnegara.

Menurut saya, gallery ini masih sepi pengunjung, ramainya jika ada event tertentu saja. Heran sih, padahal terletak di Terminal Induk Banjarnegara. Mungkin, memang masih banyak masyarakat yang belum tahu keberadan Gallery UMKM Banjarnegara.Ini yang menjadi catatan khusus untuk pengelola Gallery UMKM Banjarnegara untuk menggerakkan Gallery UMKM Banjarnegara. Bisa dengan cara; mengadakan woro-woro atau pembertitahuan kepada masyarakat tentang keberadaan, tujuan dan manfaat dari Gallery UMKM.

Penjaga Gallery UMKM Banjarnegara

Penjaga Gallery UMKM Banjarnegara. Yang pakai jaket hijau siapa hayooo? ๐Ÿ˜†

Semoga dengan adanya wadah seperti Gallery UMKM ini, produk dan karya masyarakat Banjarnegara akan lebih mendunia. Dan bisa memotivasi masyarakat Banjarnegara supaya lebih giat dan lebih produktif lagi. Apakah di daerah sahabat ada Gallery UMKM?

Gallery UMKM Banjarnegara

Terminal Induk Banjarngara. Jl. S. Parman, Parakancanggah, Banjarnegara.

Kontak: (0286) 5986036

12 thoughts on “Menggerakkan Gallery UMKM Banjarnegara

  1. dituban belum ada galery ukm seperti ini.. tapi kebetulan aku juga bergulat dalam dunia ukm, produk batik tuban sudah turut dipasarkan di galery ukm jawa timur (sudah tingkat provinsi).

    itu mas2 yg jaga kok seperti itu ya penampilannya

    • Mungkin batiknya sama dengan batik gumelem ya, pak.
      Sama2 batik khas. .. ๐Ÿ™‚

      Iya tuh, pakai kaos oblong. . hihihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *