Wifi ID

Memperkenalkan Wifi ID, Serta Memanfaatkan Fasilitasnya

Kali ini, saya akan berbagi pengalaman menggunakan fasilitas Wifi ID, saat mengikuti kegiatan ASEAN Blogger Festival Indonesia (ABFI) 2013 di Solo. Sekaligus memperkenalkan Wifi ID kepada seluruh sahabat Blogger.

Bahwa dalam acara Gala Dinner di Loji Gandrung, ada penandatanganan MOU antara Kepala Dishubkominfo dengan Dirut Telkom. Nota kesepakatan tersebut intinya PT. Telkom Indonesia akan meluncurkan Wifi ID sebagai salah satu fasilitas untuk membantu dan mendukung seluruh kegiatan ASEAN Blogger selama empat hari tiga malam.ย Bukan rahasia lagi, Blogger memang tidak bisa dipisahkan dari koneksi internet. ๐Ÿ˜‰ Wifi ID akan dipasang dan bisa dinikmati disemua titik kegiatan ABFI 2013. Terkecuali di Hotel tempat saya menginap. Karena, memang di sana belum ada akses @Wifi ID.

Apa sih Wifi ID atau Indonesia Wifi itu?ย  Wifi ID adalah layanan public internet berbasis teknologi WiFi/Hotspot yang disediakan ย oleh TELKOMGroup atau operator yang bekerjasama dengan PT. TELKOM. Intinya, Wifi ID ini fasilitas Wifi/Hotspot milik TELKOM.

Speedy Card

Speedy Instan Card

Saya pernah mengatakan, ketika mengikuti Gala Dinner, seluruh peserta ABFI mendapatkan kartu speedy instan (Speedy Instan Card) Telkom Speedy. Kartu Perdana Speedy Instan (Speedy Instan Card) yaitu kartu perdanaย yang digunakan untuk menikmati Wifi ID, berisi username dan password. Dengan menggunakan username dan password yang tertera pada speedy card, Anda bisa loginย akses internet broadband di Speedy Instan, Speedy Hotspot, maupun Wifi ID.

Seluruh peserta ABFI mendapatkan tiga voucher Kartu Perdana Speedy Instan yang bisa digunakan selama kegiatan ABFI berlangsung. Nilai nominal yang tertera pada voucher sebesar Rp. 5.000,-. Ya, kami menggunakan fasilitas Wifi ID dengan vouvher Rp. 5.000,-/hari atau 24 jam. Untuk jumlah kuotanya saya kurang paham, tapi yang jelas untuk aksesnya tidak mengecewakan.

Hari pertama saya belum bisa memanfaatkan Wifi ID, karena saya belum mendapatkannya. Tapi, di hari ke dua akhirnya saya bisa menikmati fasilitas Wifi ID. Saya mendapatkan Speedy Instan Card dari Mba Cantik yang sedang membagikan Speedy Instan Card kepada beberapa peserta luar Indonesia. Hari ke dua, full kegiatan Seminar. Disamping mendengarkan materi yang disampaikan oleh pemateri, seluruh peserta dihimbau untuk mengikuti lomba live twitter dan live twit picture yang berhadiah Tablet. Tentu saja seluruh peserta semangat mendengarkan seminar dan melakukan aksi ngetwit yang berhubungan dengan materi seminar.

Pendaftaran Wifi ID

Registrasi Wifi ID

Bagaimana cara menikmati Wifi ID? Sebelumnya, Anda bisa mencari sinyal @wifi.id terlebih dahulu. Setelah itu, perhatikan Kartu Perdana Speedy Instan Anda. Anda akan mendapatkan username dan password yang tertera di kartu bagian belakang. Untuk username, sudah terlihat jelas. Sedangkan untuk password, Anda bisa menggosoknya pelan. Setelah itu, masuk pada hompage indonesiawifi.com dan mulailah registrasi. Ketik username dan password yang tertera pada Kartu Perdana Speedy Instan Anda, kemudian klik login dan Anda sudah bisa menikmati fasilitas Wifi ID. Saya memanfaatkan koneksi gratis ini untuk lilve twitt, blogging, jejaring sosial dan upload beberapa foto ke picasa.

Perangkat Wifi. Gambar pinjam dari aseanblogger

Anda bisa memanfaatkan Handpone dan atau Laptop untuk menikmati Wifi ID ini. Saya sendiri menggunakan Latop, karena lebih nyaman dan lebih mantap sensasi kecepatannya. Hampir disetiap sudut ruang terpasangย wireless (accsess point). Jadi, tidak heran meski banyak yang memanfaatkan fasilitas Wifi ID, namun tidak mengurangi kecepatan akses internet.

Kecepatan akses Wifi ID semakin teruji, ketika sampai pada acara Batik Fashion Show. Peragaan busana batik ini diwakili oleh beberapa teman-teman Blogger Indonesia dan luar Indonesia. Nah, karena saya duduk dibaris yang lumayan belakang, alhasil saya tidak bisa melihat dengan jelas fahion shownya, karena hampir seluruh peserta ABFI memilih untuk maju menyaksikan para model cantik dan gagah. Tapi tidak masalah, karena saya masih bisa melihat fashion show secara online, live streaming melalui UseeTV. Ya, seluruh kegiatan ABFI live streaming diย UseeTV. Untuk mengaksesnya juga tidak berat, karena sinyal Wifi ID kuat.

Pada hari ke tiga, kami juga masih memanfaatakn Wifi ID untuk acara seminar. Seminar hari ke tiga meliputi pertukaran pengetahuan, sudut pandang Blogger mengenai kondisi negara masing-masing. Dalam hal ini, setiap negara diwakili oleh satu atau dua Blogger. Mereka memaparkan keadaan dan kekayaan yang ada di negara masing-masing. Mulai dari keadaan sosial ekonomi, wisata, budaya dan tempat-tempat recomended ketika kita hendak mengunjungi negara tersebut.

Kembali memanfaatkan Wifi ID ketika acara Break Out Session 1 dan 2 dimulai. Seluruh peserta ASEAN Blogger berhak memilih satu acara pada Break Out Session, dengan cara mendaftarakn terlebih dahulu ke panitia. Pada acara ini, saya memilih kelas Culinary kemudian dilanjut dengan kelas Travelling. Dua kelas yang saya pilih ini full, sampai-sampai ada yang tidak mendapatkan tempat duduk. Mereka lesehan di lantai, namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap eksis share twitt. Tetap memanfaatkan fasilitas Wifi ID dimanapun berada.

Urban Forest

Urban Forest.ย Gambar pinjam dari aseanblogger

Layanan Wifi ID Telkom Speedy tidak hanya mendukunng pada kegiatan indoor saja, namun kegiatan outdoor juga. Seperti yang sudah saya katakan di atas, bahwa koneksi Wifi ID ada di semua titik kegiatan, termasuk kegiatan Urban Forest di Bantaran Sungai Bengawan Solo. Meski kegiatan outdoor, di bantaran sungai pula, kami masih bisa memanfaatkan Wifi ID ini. Pelayanan dari Telkom Indonesia sangat memuaskan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut termasuk titik layanan yang telah disiapkan oleh @wifi.id, Anda dapat menghubungi telpon 021-500705 atau mengakses www.indonesiawifi.com. Wifi ID, Telkom Speedy dan Telkom Indonesia, benar-benar telah berhasil mensejahterakan dan memakmurkan para Blogger selama kegiatan ABFI berlangsung. Saya masih mempunyai sisa dua kartu perdana, belum saya manfaatkan di Banjarnegara. Kapan-kapan saya mau mencari Wifi ID di Banjarnegara, siapa tahu ada. ๐Ÿ˜†

Saya sertakan video percakapan atau lebih tepatnya tanya jawab antara SRW dan Mas Agus ketika acara Urban Forest berlangsung.

Apakah sahabat sudah pernah memanfaatkan fasilitas Wifi ID dari Telkom Indonesia?

31 thoughts on “Memperkenalkan Wifi ID, Serta Memanfaatkan Fasilitasnya

  1. wah tambah keren ya klo jaringan WIFI ID tambah luas, dan yg jual kartu perdana speedy makin banyak juga ๐Ÿ™‚

    Kartu perdananya keknya dijual di Telkom ajah lho. . . ๐Ÿ™‚ ^_*

  2. Untuk penggunaan akses jalur internet dengan produk ini saya belum menggunkannya, tapi bisa menjadi refrensi untuk dicoba,

    Salam wisata

    Silakan dicoba, Pak. :)^_*

  3. Wah keren juga nih blognya… ajarin donk templatenya hehe mampir ya di kunjungan balik…

    Sudah berkunjung balik nih, ketemu Niar di sana. ๐Ÿ˜€ ^_*

  4. wah enak sekali bagi yang ikut asean blogger yah

    Senang, beneran senang. Temannya jadi tambah banyaak. ๐Ÿ™‚ ^_*

  5. terima kasih informasinya mengenai wifi id ๐Ÿ™‚ lengkapp ๐Ÿ™‚

    Terima Kasih kembali, sudah berkunjung ya, Pak. ๐Ÿ˜€ ^_*

  6. Pernah kayaknya liat akses point dengan nama @wifi.id, di alun2 kalau nggak salah, tapi waktu dicoba kayaknya belum bisa, hehehe…
    Nice share mbak, semakin banyak yang beginian, masyrakat semakin melek internet, semoga membawa dampak yang makin bagus ๐Ÿ™‚

    Sepertinya harus menggunakan voucher, Mas. ๐Ÿ˜€ ^_*

  7. kalo di desa bisa ga yach?he…..

    Kalau sudah ada aksess point @Wifi ID pasti bisa dong. .. ๐Ÿ˜› ^_*

  8. Di kantor udah ada wifi id sekitar sebulan tp gak ada yg pake karena ada wifi yg lebih kenceng dan gratis ;D

    Cieee, suka geratisan nih. .. ๐Ÿ˜› ^_*

  9. wah aku kemaren makai waktu #ABFI cepet kenceng sampek ga tidur downlaod terus,,,,,,hehehhehe

    Lho, ikut ABFI juga nih, Mas? Koq gak ketemu ya? ^_*

  10. di tempat saya tidak ada sinyal wifi id.., bagaimana cara mendapatkannya ya…???

    Setahu saya, harus ada sinyal wifi id dulu, baru kita bisa menggunakannya. Biasaya saya menggunakan voucher Rp 5.000,-/ hari. Coba konfirmasikan pada telkom terdekat. Cari tahu titik wifi id dimana. ^_*

  11. makasih informasinya, dirumah tuh ada sinyal wifi id dikirain apa, ternyata gitu to cara pake’ nya

    Terima Kasih kembali sudah berkunjung. Dan selamat menikmati WiFi ID ^_*

  12. kok jadi penasaran ya……selama ini yang saya tahu WIFI di mall seperti Ramayana atau counter hp, hp saya otomatis terhubung dengan wifi…lha trus kalau pakai voucher gimana caranya…duh, sudah ketinggalan jaman aku ini:p

    Nah ini kan yang pakai vocer, Kaka. Giama sih, ah. Hahahaha :mrgreen: ^_*<

  13. sayangnya kayaknya ini masih minim banget sosialisasinya.
    Jadi meskipun sekarang udah banyak tersedia, masih banyak yang belum bisa memanfaatkan. ๐Ÿ˜€

    Ini sudah tak sosialisasikan ya, Mas. ๐Ÿ˜› ^_*

  14. mohon untuk di kirimkan contoh Formulir Nota Kesepakatan Pemasangan HOTSPOT Indonesia WIFI kalo bisa berupa Word, ๐Ÿ™‚

    terima Kasih
    salam

    Silakan datang ke plasa telkom terdekat, ya. ๐Ÿ™‚

  15. sekarang wifi id semakin menjamur, banyak wifi corner yang sedang bertebaran… online jadi semakin asyik….

    Makin rajin cari yang gratisan yes. ๐Ÿ˜€

  16. q punya vouchernya mbak dikasih ma temen…tp belum pernah saya pake.

    Dipakai saja. Nanti keburu kadaluarsa. ๐Ÿ˜€

  17. Agak repotnya untuk infrastruktur Wifi ID-nya blom menyebar secara merata, sementara di Tel****** ketika kita beli paket data bulanan terdapat bonus untuk digunakan dengan Wifi ID. Akhirnya karena ndak ada Routernya angus bablas sampai akhir bukan ndak terpakai.

    Nagh kl udah begitu kejadiannya, males saya dan memutuskan untuk minum kopi ajahhh ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *