RBM Mengajak Blogger Banjarnegara Untuk Mempromosikan Produk Unggulan Daerah

Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Banjarnegara adalah suatu kultur atau perilaku belajar yang terorganisir, terstruktur dan sistematis serta terbentuk sebagai pengkondisian bersama yang dilakukan secara terus menerus oleh masyarakat pelaku program sendiri melalui kegiatan belajar bersama.

RBM Mengajak Blogger Banjarnegara Untuk Mempromosikan Produk Unggulan dan Potensi Daerah. Ini merupakan inti dan oleh-oleh dari Pesta Blogger Banjarnegara 2013. Pesta yang dihadiri kurang lebih 100 blogger dan ratusan tamu undangan, mendapatkan tanggapan positif dari berbagai pihak terkait. Dalam susunan agenda, acara dimulai pukul 10.00 WIB, tetapi untuk pelaksanaannya mundur 1 jam. Semua itu dikarenakan banyak Blogger yang datang tidak tepat waktu. Selain sambutan dari Ketua Panitia, Perwakilan dari Pemda Banjarnegara (Kominfo), ada juga beberapa perlombaan yang dikuti oleh para Blogger.

Hampir seluruh Blogger Banjarnegara tuh laki-laki.Β  Saya melihat ada dua perempuan, sepertinya mereka masih duduk di bangku SMA. Masih unyu-unyu sekali, jadi saya belum berani berdampingan dengan mereka. Jadi, tidak ada salahnya jika saya mengatakan β€œnyong paling ayu”. πŸ˜†

Sebagai masyarakat Banjarnegara yang peka terhadap perkembangan daerahnya, sudah seharusnya bisa menggali potensi yang ada di daerah ini. Meski Banjarnegara adalah kabupaten yang kecil, tetapi didalamnya terdapat banyak potensi dan produk unggulan nan unik yang dihasilkan oleh masyarakat. Pada acara ini, saya melihat berbagai produk unggulan yang disajikan oleh mereka para kreator, sebagai bentuk apresiasi dan kreatifitas. Saya sempat jeng-jeng mengelilingi area yang menyajikan produk-produk unggulan.

 

Bagaimana? Masyarakat Banjarnegara sangat kreatif, kan? Beberapa foto di atas merupakan produk unggulan masing-masing Desa di Banjarnegara. Mereka membuat produk tersebut dibantu oleh tim Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) dan RBM. PNPM-MP tidak hanya mengarahkan untuk pembuatan produk, mereka juga memfasilitasi kegiatanΒ  tersebut.

Rasanya sedih, ketika kita sudah tahu produk tersebut asli Banjarnegara, tetapi tidak tahu siapa dan dimana membuatnya. Ini menjadi PR khusus bagi sahabat Blogger Banjarnegara untuk terus mencari informasi dan kemudian mempromosikannya melalui media online. Tentunya semua itu mempunyai tujuan khusus dan mulia, yaitu memperkenalkan produk unggulan dan potensi daerah Banjarnegara.

Satu hal yang masih saya ingat. Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pesta Blogger Banjarnegara, Drs. Iman Ustaat, mengatakan, β€œ………..Kami hanya bisa membuat ide, kemudian mempraktekkannya dengan bantuan masyarakat. Sebagai orang tua yang kurang paham teknologi, kami meminta bantuan dan kerjasamanya kepada semua Blogger Banjarnegara untuk mempromosikan produk-produk yang sudah kami buat melalui media online”.

Ketika mendengar sambutan dari beliau, saya ndoplong karena sangking kagumnya melihat semangat beliau mengajak masyarakat Banjarnegaara untuk terus menggali potensi yang ada di Desa dan atau Kecamatan masing-masing. Tidak ada huru-hara-hura dalam pesta ini, pesta berlangsung dengan tertib dan penuh kebersaman.

Penuh dengan harapan, semoga seluruh Blogger Banjarnegara mau mengikuti ajakan RBM dan Pemerintah Daerah Banjarnegara untuk mempromosikan produk unggulan dan potensi daerah Banjarnegara. Pesta Blogger Banjarnegara terselenggara atas kerjasama dengan Pemerintah Daerah Banjarnegara dan RBM Banjarnegara.

You Might Also Like

20 Comments

  1. Guru Muda

    yukk majukan hasil produksi dari daerah sendiri… Menjadikan sebagai hadiah blog pun bisa menjadi solusi marketing tuh mbak..

    1. Idah Ceris

      Yuk mariiiii. .
      Benar sekali, Pak. Membantu mereka dalam pemasaran ya. πŸ™‚

  2. Akhmad Muhaimin Azzet

    Saking kagumnya sampe Mbak Idah ndoplong ya, hehe…, kalo di tempat saya istilahnya ndomblong.

    Yuk, kita dengan senang hati ikut mempromosikannya. Bila niatnya untuk membantu, insya Allah pahalnya besar lho ini.

    1. Idah Ceris

      Mari, pak Ustadz, Ndomblong bersama. πŸ˜€
      Waaah, ada pahalanya nih? Serbuuuuuuuu. . . πŸ˜€

  3. Jurnal Transformasi

    Betul juga ya, blogger bisa berperan aktif dalam mempromosikan produk unggulan daerah mereka. Termasuk tempat wisata kali ya Mbak Idah..

    1. Idah Ceris

      Daaaaaaaan, termasuk kuliner juga. Yang biasa ditulis diblognya Ibu Evi lho. πŸ˜€

  4. vj lie

    wah bisa mampir di banjarnegara nie minggu depan….:)

    kripik di foto nmr 2 enak kayaknya, pokoke joss hehehe

    1. Idah Ceris

      Woyoooo. .
      udah mampir kemarin , Kan? πŸ˜€
      Gimana kopinya? Enak gak? πŸ˜›

  5. Pakde Cholik

    Setiap warga negara hendaknya mempromosikan daerah dan negaranya ya nduk agar potensi yang ada segera dikenal.
    Salam hangat dari Surabaya

    1. Idah Ceris

      Benar sekali, Pakde.
      Promosi dimulai dari Desa dulu, kemudian Kecamatan, Kabupaten, Proponsi dan Negara. πŸ˜€

  6. Esti Sulistyawan

    Sip banget Dah..sukses buat Banjarnegara

    1. Idah Ceris

      Ibu Budi juga Siep. . πŸ˜€

  7. @SobatBercahaya

    Weh mantepe pol, gie apik perlu di contoh sama blogger cilacap atau blogger daerah lain yang ingin mempromosikan hasil produk daerahnya.

    1. Idah Ceris

      Mas, kamu asli Cilacap ya?

  8. marsudiyanto

    Ternyata RBM itu Ruang Belajar Masyarakat.
    Tadi saya kira singkatan nama Bupati Banjar, semacam ARB gitu πŸ˜€

    1. Idah Ceris

      Bukankah ARB itu singakatan dari Negara, pak? ARAB, kan? πŸ˜€

  9. Taufik Adiluhur

    wah, saya yang warga banjarnegara yang notabene adalah blogger mbanjar malah ndak tau ada acara pesta blogger banjarnegara mbak. Ikut berperan juga ah, untuk banjarnegara tentunya. . .

  10. Blogger Serayu, Komunitas Blogger Banjarnegara | Langkah Baruku

    […] Baca juga:Β RBM dan Pesta Blogger Banjarnegara. […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: