REKOMENDASI OLAHRAGA DI RUMAH SAAT PANDEMI (1)

Rekomendasi Olahraga di Rumah Saat Pandemi

Olahraga di rumah saat pandemi telah menjadi prioritas bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Sedihnya, saya tidak masuk dalam kategori sebagian besar masyarakat yang memprioritaskan olahraga padahal saya tahu bahwa olahraga sudah menjadi salah satu kebutuhan apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Asli, sedihnya bukan main, gais!

Sebagai working mom yang juga sedang menikmati peran sebagai ibu menyusui, meluangkan waktu untuk olahraga, tuh, tidak mudah. Saya merasa susah membagi waktu hanya untuk bergerak aktif atau melakukan aktivitas fisik di rumah. Lelah setelah seharian menjalani aktivitas di kantor sangat terasa ketika sampai rumah. Saking pinginnya mendapatkan keringat, saya pernah melakukan olahraga sepulang kerja. Tepatnya setelah mandi sore. Hasilnya, ternyata tidak membuat badan lebih segar, tapi yang saya dapatkan justru tambah lelah.

“Duuh…berarti timingnya memang tidak tepat”.

Saya rasa seperti itu. Lebih baik menjadi kaum rebahan, baringkan badan karena memang yang dibutuhkan saat itu adalah istirahat. Alhamdulillaah…esok harinya saya bisa bangun lebih awal dan badan pun kembali fit. Kalau sudah seperti ini, keinginan untuk olahraga kadang muncul di pagi hari. Sekadar lari-lari kecil atau lompat tali bersama Kecemut, gitu.

“Alhamdulillaah…dapat keringat! Tapi kalau urusan dapur menjadi tidak terkendali, kasihan perut, dong.”

OLAHRAGA MENJADI PRIORITAS DI MASA PANDEMI

Ternyata memang harus bisa mencari waktu yang tepat untuk berolahraga. Semacam menyusun agenda atau jadwal supaya bisa menikmati olahraga. Iya, olahraga itu bukan menyoal tentang target saja, tapi konsisten. Lari dari pukul 05.00-05.10 WIB tiap hari, misalnya. Atau, lompat tali dari pukul 07.00-07.10 WIB. Atau, melakukan Yoga selama 20 menit. Durasi tidak banyak, hanya 10-20 menit, tapi konsisten. Ini lebih bagus ketimbang melakukan olahraga setiap seminggu dengan durasi waktu langsung 30 menit atau lebih.

Pentingnya Olahraga di Masa Pandemi.

Dikutip dari International Journal of Cardiovascular Science, olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas dan durasi sedang, dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Sedangkan, olahraga dengan intensitas tinggi dan berkepanjangan tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat menyebabkan imunosupresi atau menurunkan imunitas tubuh.

Tidak hanya orang tua, pada anak-anak dan dewasa memang disarankan untuk berolahraga ringan dan tidak memaksakan diri. Apalagi setelah hampir seharian hanya rebahan, menghabiskan waktu untuk bermain game, menggunakan handphone, atau menonton acara televisi, melakukan aktivitas fisik sangat disarankan, ya. Enggak mau, kan, sampai jatuh sakit karena kurang menjaga kesehatan tubuh?

Rekomendasi Olahraga di Rumah Saat Pandemi.

Rasa sedih karena tidak memprioritaskan olahraga saat masa pandemi hilang seketika saat saya mengikuti communityย webinar yang diselenggarakan oleh Anlene Indonesia pada Minggu, 1 Agustus 2021. Webinar peluncuran produk Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X dipandu oleh Tommy Prabowo. Sementara narasumber acara tersebut yaitu ada Rhesya Agustine (Marketing Manager Anlene, PT. Fonterra Brands Indonesia), Haryadi Raharjo (Scientific and Nutrition Manager, PT. Fonterra Brands Indonesia), dan Liliyana Natsir (Peraih Medali Emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016).

Webinar yang dimulai dari pukul 07.00-11.00 WIB, sukses menggerakkan hati saya untuk mulai semangat berolahraga di rumah. Apalagi saat Mbak Liliyana Natsir yang saat itu menjadi salah satu narasumber, menyampaikan bahwa yang terpenting dalam olahraga adalah konsisten. Bagaimana kita bisa bergerak aktif di rumah, setiap hari. Makanya, dia pun menyarankan untuk melakukan olahraga yang ringan-ringan saja.

REKOMENDASI OLAHRAGA DI RUMAH SAAT PANDEMI (1)

Nah, berikut rekomendasi olahraga di rumah saat pandemi:

1. Yoga.

Yoga adalah olahraga tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik. Kebetulan sebelum webinar dimulai, terlebih dahulu dilakukan olahraga virtual yaitu Yoga. Olahraga ini dipandu langsung oleh instruktur bersertifikat yaitu Mbak Amanda Tasning. Baru kali ini saya menikmati olahraga virtual meski beberapa kali sempat disamperin anak-anak. ๐Ÿ˜€

Dulu, saya kira olahraga Yoga hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja, orang-orang yang sudah expert, gitu. Ini karena terlalu sering melihat teman-teman Blogger yang membagikan aktivitas Yoga dengan pose yang kadang bikin geleng-geleng. Hahaha. Setelah gabung webinar Anlene, saya jadi tahu kalau ada Yoga untuk pemula atau Gentle Yoga. Gerakan Yoga ini cukup mudah dipraktikkan. Satu hal yang harus diperhatikan yaitu posisi tubuh. Iya, cari posisi ternyaman saat sedang melakukan Yoga. Jangan memaksakan suatu gerakan jika memang tidak bisa dilakukan, listen your body.

Alhamdulillaah…saya mengikuti full Gentle Yoga yang dipandu Mbak Amanda. Sementara untuk sesi terakhir yaitu ada Conditioning Yoga, saya tidak bisa mengikuti penuh karena TIDAK BISA! ๐Ÿ˜† Berbeda dengan Gentle Yoga, Conditioning Yoga ini menurut saya gerakannya tidak mudah. Apalagi ketika sudah sampai pada gerakan plank, waduh…kaki ngilu, pun dengan panggul. Hahaha.

Olahraga Yoga dapat melatih keseimbangan, menguatkan tulang, dan mengurangi stres. Banyak manfaat yang dapat dirasa.

2. Melompat atau Skipping.

Melompat adalah gerakan dengan mengangkat kaki ke depan (ke bawah, ke atas) dan dengan cepat menurunkannya. Olahraga melompat bisa dilakukan dengan atau tanpa tali sesuai dengan kebutuhan. Saat webinar berlangsung, Liliyana Natsir mencontohkan aktivitas melompat tanpa tali yang mana bisa mencapai ketinggian tertentu.

Ada banyak manfaat dari olahraga melompat, selain dapat menjaga stamina dan meningkatkan kesehatan jantung, manfaat lainnya yaitu meningkatkan efisiensi pernapasan. Kemudian untuk lompat tali, karena bagian paling aktif saat berolahraga ini adalah kaki, maka otot-otot bagian kaki akan makin kuat.

3. Berlari di tempat.

Berlari adalah gerakan yang dilakukan seperti berjalan, namun dengan tempo yang dipercepat. Lari di tempat melibatkan otot dan gerakan yang berbeda dari lari biasa. Meski gerakannya sederhana, namun lari di tempat bisa memberi banyak manfaat untuk kebugaran tubuh.

Aktif Bergerak, Penuhi dengan Nutrisi Terbaik untuk Tubuh.

Ketika olahraga sudah berjalan rutin tiap harinya, sudah konsisten atau menjadi kebiasaan, maka kebutuhan akan nutrisi pun tidak boleh diabaikan begitu saja. Iya, pada masa pandemi, aktif bergerak saja belum cukup, lho. Harus ditambah dengan asupan yang bernutrisi tinggi supaya dapat bergerak dengan leluasa.

Kalian dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan konsumsi susu tiap harinya. Anlene menjadi solusi buat kita semua yang membutuhkan nutrisi lengkap untuk tubuh karena Anlene lebih dari susu.

NUTRISI UNTUK TUBUH (2)

Anlene mengeluarkan dua produk baru yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian yaitu Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X. Nah, berikut informasi lengkap tentang produk Anlene terbaru.

Anlene Actifit 3X

Mungkin ketika mendengar kata Anlene, yang ada dibenak kalian yaitu susu yang diformulasikan khusus untuk lansia, ya. Itu betul, tapi tidak semuanya untuk lansia. Buat kamu yang aktif bergerak dengan usia Dewasa, Anlene Actifit 3X bisa menjadi pilihan yang tetap karena mengandung nutrisi lengkap untuk menjaga kesehatan tulang, kelenturan sendi, dan kekuatan otot supaya bisa lebih aktif dan berenergi.

Kandungan nutrisi dalam Anlene Actifit 3X diantaranya yaitu Vitamin B6 yang merupakan salah satu faktor dalam metabolisme energi dan pembentukan jaringan. Kemudian, kandungan kalsiumnya juga tinggi dan lemak lebih rendah.

Anlene Gold 5X

Anlene dikenal sebagai ahli nutrisi tulang, enggak heran jika perusahaan yang sudah ada lebih dari dua dekade ini ingin menginspirasi masyarakat untuk terus bergerak aktif sebagai bentuk implementasi dari self-care.

Jika tadi ada Anlene Actifit 3X yang baik dikonsumsi oleh orang dewasa, kalau Anlene Gold 5X ini baik dikonsumsi untuk usia 50 tahun ke atas. Produk ini rendah kolesterol serta kalium dan tanpa penambahan gula. Buat yang punya diabetes sekalipun, cocok lho. Tapi jika punya riwayat penyakit gula tau lainnya, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum konsumsi susu ini, ya.

REKOMENDASI OLAHRAGA DI RUMAH

Haryadi Raharjo, Scientific and Nutrition Manager PT. Fonterra Brands Indonesia menyampaikan bahwa Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X merupakan rangkaian produk susu berkalsium tinggi yang diformulasikan khusus dan memiliki manfaat nutrisi yang unggul untuk mendorong kesehatan tulang dalam upaya hidup lebih aktif dan sehat.Yuk, Mulai

Aktif Bergerak dan Ikuti Kompetisi #JadiAtletDirumah!

Seperti yang saya sampaikan di awal, saya merasa beruntung bisa bergabung di webinar peluncuran produk terbaru dari Anlene. Ada banyak pengalaman baru yang saya dapatkan, ada banyak manfaat yang saya rasakan, salah satunya menjadi lebih semangat berolahraga.

Kalau kata Lilyana Natsir, kita semua bisa menjadi atlet di rumah dengan melakukan gerakan berlari, berjalan, dan melompat. Berolahraga sesuai dengan kemampuan. Anlene juga mengajak masyarakat untuk bergerak lebih dengan cara mengikuti kompetisi virtual #JadiAtletDiRumah.

JADI ATLET DI RUMAH

Caranya ikutnya mudah banget, yaitu dengan mengunggah video kegiatan berlari, berjalan, dan melompat dari rumah. Kompetisi ini diselenggarakan mulai tanggal 23 Juli sampai 8 Agustus 2021. Informasi lengkapnya bisa kunjungi akun Instagram @anlene_indonesia, ya.

FYI, buat kamu yang ingin cek kepadatan tulang, Anlene menyediakan pemeriksaan mobilitas gratis. Caranya kunjungi http://anlenemovecheck.com, ya.

Omong-omong, kalian punya rekomendasi olahraga di rumah yang asyique. Boleh, dong, rekomendasikan juga!

28 thoughts on “Rekomendasi Olahraga di Rumah Saat Pandemi

  1. Take care of your body. It’s the only place you have to live

    Whoaa, sarat faedah banget webinar Anlene ini. Bener2 membangun kesadaran untuk NO MAGER MAGER Club!

    Sepakaatt banget Mbaa, bahwa Berlari, berjalan dan melompat dengan gerakan yang benar tentu bisa menyehatkan tubuh dan tetap bugar.

    Asupan nutrisi yang dapat menunjang kesehatan tulang juga penting banget ya, pastinya dengan mengonsumsi Anlene #LebihDariSusu ini.

  2. Betuuul. Walopun di rumah aja gaboleh males bergerak ya maaaaak.. teteup harus aktif bergerak. Akupun sering tergoda buat rebahan. Hihi. Aku jadi penasaran juga nih mau cobain Anlene yang Actifit 3X, tulangku butuh nutrisi juga nih kayanyaaa

  3. Banyak ya jenis olahraga yang bisa kita lakukan di rumah.. Jadi harus tetep semangat berolahraga biar sehat meski masih musim pandemi begini

  4. Jujur saya belum pernah olahraga YOGA. Dari dulu sampai sekarang, olah raga saya adalah yang lain seperti jalan, lari, renang, bersepeda, senam. Bukan nggak suka, tapi ada pilihan lain yang lebih saya sukai. Terlepas dari itu, olahraga apapun itu, yang penting kita bergerak aktif dan rutin ya mbak Idah. Bukan sesekali saja.

    Nutrisi yang tepat memang penting sekali. Susu Anlene sudah lama dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan tulang. Dengan adanya 2 produk terbaru yang sarat dengan kandungan nutrisi untuk tulang, semoga membuat kita memiliki kesehatan tulang sampai tua. Aamiin

  5. Idah, saya garisbawahi bagian ini nih:
    olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas dan durasi sedang, dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

    Nah ada kata atau tuh di situ “olahraga atau aktivitas fisik” nah berarti boleh milih aktivitas fisik saja ya hihi

    *dasar yah komennya orang malas olahraga hihi etapip beneran kalau aktivitas fisik saya masih lho soalnya gak ada ART, masih ada cucian yang dicuci sendiri, masih menyeterika sendiri pula. ๐Ÿ˜€

  6. Ternyata ga ada alasan mager2 lagi deh di rumah melulu ๐Ÿ˜€ Kita bisa berolahraga lari, jalan dan lompat semampunya. Kepengen deh ikutan kompetisi virtualnya siapa tau beruntung dapat hadiah menarik hihihi ๐Ÿ™‚ Anlene Actifit 3X menjadi pilihanku untuk dikonsumsi rutin, rasa vanila atau cokelat sama2 enak tuh ๐Ÿ™‚ Anlene sangat membantu menjaga kesehatan tulang, sendi dan otot kita ya mbak ๐Ÿ™‚

  7. olahraga di masa pandemi kadang bikin kita keki. Soallnya mau ngegym di tempat gym jadi gak bisa. padahal tubuh wajib berolahraga.

  8. Wuuih, 5 jam ya mak webbinarnya mantap sekali, ini sekalian praktik yoga juga kah. Kalo pandemi kek gini, yang asik itu yah yoga di rumah bareng anak dan suami, alhamdulillah aku dibeliin alat tempur ama suami , lumayan banyak, cuma kadang suka lupa pake laat, malah ikutan challenge ala tiktok, hahaha

  9. Aku semenjak pandemi malah jarang olahraga mbak. Apalagi kemarin sempet kena juga kan. Pasca covid badan jd lemes dan gampang banget capek, jadi makin mager wes. Habis ikutan webinar kemarin jd kesentil nih bahwa untjk sehat gampang aja sebenernya ya. Asalkan rutin olahraga insyaallah badan jd fit. Tambahin minum anlene makin oke wes

  10. Bener Mba, waktu aku kerja juga kayanya susah banget cari waktu untuk olahraga. Dan memang harus diniatkan banget deh supaya bisa workout minimal 3x seminggu. Efeknya kemarin body age lebih tua drpd umur sesungguhnya huhuhu.

  11. Saya lebih suka olahraga berjalan kaki. Sekarang banyak juga walking workout untuk di rumah aja. Jarang ikutan yoga. Tetapi, seru juga waktu itu yoga bareng Anlene

  12. olahraga ini memang sebaiknya dirutinkan ya, mbak beberapa kali dalam seminggu. aku sendiri masih suka bolong-bolong nih olahraganya kadang pulang kerja sempat-sempatin olahraga kadang juga mager banget karena sudah capek di kantor

  13. Meski di rumah aja, kita harus tetap gerak. Banyak olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Aku pengen juga lho yoga, keknya selain bikin badan sehat, pikiran juga bisa tenang.

    Susu Anlene ini udah lama juga, ya. Lebih dari dua dekade memberikan nutrisi baik untuk tulang biar kita aktif bergerak.

  14. Dari ketiga olah raga yang Mbak rekomendasikan, aku paling suka lari dan yoga. Kalau lari, paling seru memang keluar rumah, tapi karena kondisi sekarang seperti ini, lari di luar rumah jadi jarang dilakukan. Akhirnya, kalau nggak yoga, ya work out. yang penting, aktif bergerak.

  15. Haha yang yoga malah cewek kecil yaa..aku jadi tergerak buat rajin olahraga dan aktif bergerak karena acara ini ni setiap pagi atau sore olahraga bareng anak-anak semoga sehat semuanya yaa

  16. Selain yoga, biasanya saya pilih zumba atau cardio unutk olahraga di rumah. Lumayanlah, tetep seger karena berkeringat. tapi kalau badan pas udah capek sama kerjaan rumah biasanya langsung tepar aja. Apalagi kalau jadwal nyuci, setrika dan ngepel. Rasanya tulang udah rontok semua sampai gak kuat olahraga.

  17. setuju mba sebagai pekerja kantoran agak susah buat luangkan waktu olahraga hahaha makanya aku pas lagi seneng ealah badannya ga dukung malah bikin trauma :p
    Anlene emang recomended banget yah buat nutrisi superior

  18. Iya ya, kayak yang dibilang ci Butet kemarin, olahraga di rumah yang penting konsisten, jangan ngos-ngosan tapi cuma sesekali.
    Aku belum punya rekomendasi selain yang disebut di atas, Mbak. Soalnya aku juga belum bisa aktif bergerak di rumah. Huhu.
    Semangattt ya olahraga plus minum susu Anlene ๐Ÿ™‚

  19. Anlene ini selalu jadi andalan keluargaku Mak. Dulu eyang selalu konsumsi dan orang tua saya pun juga sempat mengonsumsi. Sekarang udah giliran saya untuk ikut konsumsi karena sudah masuk usia 30 dan WFH bikin sering bermasalah di area tulang dan otot. Biasanya untuk mengurangi rasa sakit, saya coba untuk mulai rutin memperbanyak konsumsi makanan berkalsium dan olahraga jalan cepat ๐Ÿ˜€

  20. Konsisten!
    Plak!
    Seperti ditampar akutu. Hahaha.
    Aku masih bolong-bolong nih.

    Namun aku rutin sih melakukan aktivitas fisik lain seperti menyapu, mencuci piring/pakaian dan sesekali mengepel lantai.

    Kira-kira aktivitas fisik seperti ini dihitungkah, Mak?

    Iyes, aku memang pernah juga membaca, konsisten adalah koentji, agar manfaat aktivitas fisik memberikan manfaat optimal ya, Mak.

    … dan itu bisa didapatkan dengan olahraga di rumah!

  21. Menurutku yoga olahraga paling rekomended buat di rumah sih. Ada banyak tutorialnya juga di youtube, bisa langsung eksekusi.
    Sekarang sih aku lagi suka skipping, soalnya baru beli tali skipping baru. Hahaha
    Semangat olahraga bebb!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *