Saya Sudah Siap Menggunakan Jaringan 5G. Kalau Kamu?

Saya Sudah Siap Menggunakan Jaringan 5G – Suatu sore di ruang keluarga, saya bersama Kecemut sedang asyik menonton serial TV Nussa dan Rara. Salah satu kegiatan yang bikin anak bahagia di rumah yaitu ditemani menonton acara teve. Jujur saya tidak mengikuti alur cerita film animasi ini, hanya sekadar tahu saja. Namun siapa sangka, di tengah acara ada iklan lewat. šŸ˜† Adalah jajanan kesukaan anak-anak, coklat dari choki-cook cookkk!

Jadi, Nussa dan Rara makan jajan dengan ekspresi menikmati sekali. Kemudian mereka mengenalkan kartu Nussa dan Rara saat keliling dunia. Kartu ini bisa dimainkan dengan teknologi AR. Terbayang, kan, rasa ingin tahunya Kecemut seperti apa? Sebelum praktik, siangnya dia minta beli, dong. Enggak tanggung-tanggung, langsung minta beli sepuluh bungkus biar kartunya dapat banyak. Hmmm~~

Beli enggak, ya? Beli enggak, ya? Ya beli lah, masa enggak. šŸ˜†

“Buk, nanti pinjam handphonenya, ya. Kan harus pakai handphone yang bagus. Kalau punya aku pasti enggak bisa.” Saat perjalanan ke warung, dia mulai minta ini itu. Seperti mempersiapkan suatu acara, padahal hanya menonton menggunakan teknologi AR, tapi baginya sangat menarik. Pun bagi Ibuknya. šŸ˜†

Ngomongin handphoneĀ bagus, kok, tiba-tiba ingat kalau beberapa waktu lalu baru dapat ponsel dari Truecaller.Ā SmartphoneĀ Samsung seri S21 yang sudahĀ supportĀ jaringan 5G. šŸ˜› šŸ˜› Mendapatkannya rasanya seperti mimpi. Ehh….memang ponsel impian dan alhamdulillaah terwujud bisa menggenggamnya meski asalnya dari hadiah, bukan beli. šŸ˜›

Smartphone 5G, Bekal Menikmati Jaringan 5G.

handphone 5GSudah agak lama saya menceritakan kepada Kecemut bahwa saya ingin punya handphoneĀ baru yang bagus banget. Ya gimana, kalau ngomongin spesifikasiĀ handphoneĀ sama dia, kan, belum paham betul. Namanya masih anak-anak, menyampaikan secara detail pun bisa jadi dia bingung dengan apa yang saya sampaikan. Endingnya pasti enggak seru banget, kan. šŸ˜†

“Handphone Ibuk, kan, sudah bagus. Bisa cepat buat mainan TikTok, nonton YouTube, Instagram. Aku suka.” Begitu kata Kecemut. Selagi bisa lancar buatĀ streaming YouTube berartiĀ handphoneĀ sudah bagus. Padahal di dalamnya ada kekuatan teknologi jaringan internet yang sangat membantu koneksi untukĀ streamingĀ atau sekadarĀ scroll timelineĀ media sosial.

Sejauh ini, smartphone yang saya gunakan baru mendukung jaringan sampai 4G+. Dengan jaringan tersebut, saya sudah cukup puas karenaĀ signalĀ di tempat tinggalku sangat stabil kecuali sedang hujan. Bagaimana nanti jika teknologi jaringan sudah beralih ke 5G? Kecepatan pasti bertambah, dong!

Betul sekali. Tapi untuk dapat menikmati jaringan 5G, kamu harusĀ upgradeĀ smartphoneĀ terlebih dahulu, yaituĀ smartphoneĀ yang sudah mendukung jaringan 5G. Ya…meski di Indonesia masih terus melakukan tahap uji coba, tapi enggak ada salahnyaĀ upgradeĀ HPnya dulu, ya. Kemudian untuk kartu sim-nya, enggak harusĀ upgradeĀ jika sudah menggunakan tipe Universal Subscriber Indentity Mobile (USIM) yang merupakan tipe kartu untuk jaringan 4G LTE.

Sebelum Beralih 5G, Nostalgia Dulu, Yuk!

Apakah kamu sudah membayangkan kekuatan jaringan 5G yang nanti bakal ada di Indonesia? šŸ˜† Sudah siapkah kamu menikmati jaringan yang pastinya bikin makin betah menikmati konten TikTok, Instagram, atau YouTube? šŸ˜€ Wait, tunggu dulu! Jangan tergesa-gesa ingin menggunakannya, karena jaringan 5G masih otw-otw,Ā masih dalam tahap uji coba di beberapa wilayah Indonesia.

Gimana kalau kita nostalgia? Bentar dowang, kok. šŸ˜‰

Nostalgia beberapa tahun silam. Iya, flashback lumayan jauh, tapi enggak berabad-abad. šŸ˜† Mungkin diawali dari pertama kali kamu mempunyai handphoneĀ yang belumĀ smartĀ tapi sudah ada fasilitas internetnya. Kira-kira jaringan internetnya dimanfaatkan buat apa, nih? Lupa banget pasti, ya? šŸ˜†

 

Ada yang betul-betul buatĀ browsing,Ā buka laman Google yang mungkin lamanya sampai hitungan menit tapi enggak terasa karena memang adanya seperti itu. Kadang hampir terbuka, eh…tau-tauĀ time out.Ā šŸ˜† Kesal sekali. Saya masih ingat, saat mendapat jaringan H+, senang bukan main. Zamannya lagi demen unduh wallpaper kartun untukĀ handphone, bisa dapat tiga wallpaper saja bahagia. Belum lagi, saat mulai bisa chat Yahoo Messenger lewat handphone. Ya ampun…betah banget online. šŸ˜†

Satu yang saya lupa adalah harga paket data internet. Saya lupa tepatnya berapa jatah bulanan buat internet. Beli sekian ribu dapat sekian Megabyte atau sekian Gigabyte. Kalik saja ada yang ingat, boleh lah ikut nostalgia. šŸ˜€ Saya hanya ingat, dapatĀ signalĀ 3G atau H+, tuh, rasanya mewah dan sukses bikin bahagia.

Tahap Uji Coba Jaringan 5G di Indonesia oleh Smartfren.

Di tengah masa pandemi yang semakin membuat enggak nyaman, ternyata tidak menyurutkan semangat Smartfren untuk kembali melakukan uji coba Jaringan 5G atau generasi kelima. 5G adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar 4G.

Ikut senang dan bangga menjadi bagian dari Smartfren Community karena saya merasa operator ini selalu melakukanĀ upgradeĀ dan melakukan kegiatan-kegiatan yang menarik untuk para pelanggan setia Smartfren.

Speed Test 5G Trial Kominfo-Smartfren

Kamis (17/6/2021), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Smartfren menggelar pengujian 5G tahap kedua. Uji coba teknologi 5G ini ditujukan untuk memperlihatkan kinerja dan kemampuan teknologi telekomunikasi terbaru. Kebetulan saat itu saya turut menghadiri acara yang diselenggarakan melaluiĀ onlineĀ (zoom meeting), dukungan Smartfren terasa sekali. Terlebih ketika President Director Smartfren, Merza FachysĀ mengatakan, kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia, rasanya tambah semangat untuk berkarir di duniaĀ onlineĀ sebagaiĀ content creator.

Uji coba 5G tahap kedua ini turut didukung oleh ZTE dan Qualcomm. Dalam pengujian yang diselenggarakan di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta Pusat, berhasil memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE), seperti modem dan MiFi 5G.

Dalam pengujian 5G tahap kedua ini, skenario yang diujikan adalah menggunakan MiFi dan menghubungkannya ke headsetĀ VR dan AR. Kemudian pada headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, video feedĀ dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streamingĀ game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu. Asyik banget, ya.

5G Trial Kominfo Bersama Smartfren di Galeri Smartfren Jakarta_1

Tiba-tiba saya ingat mainan Kecemut Nussa Rara yang menggunakan AR. šŸ˜€

Enggak terbayang kalau nanti teknologi 5G sudah bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia, pasti kecepatan internet tambah wus wus. Kegiatan unggah konten atau unduh video bakal lebih cepat dari biasanya. 5G gitu!

FYI, beberapa hal yang dilakukan pada uji coba kali ini memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat, seperti penggunaan 5G pada Modem WiFi (MiFi), serta pemutaran video 360, virtual realityĀ (VR), VR GameĀ dan augmented reality (AR).Ā Shannedy Ong, Managing Director Qualcomm Indonesia menambahkan, bahwa pihaknya sangat berkomitmen dalam mendukung Indonesia untuk meningkatkan berbagai inovasi 5G serta mendapatkan bermacam-macam manfaatnya.

Saya Sudah Siap Menggunakan Jaringan 5G. Tinggal menunggu jaringan 5G sampai Banjarnegara. Kalau Kamu, sudah siap belum? šŸ˜‰

16 thoughts on “Saya Sudah Siap Menggunakan Jaringan 5G. Kalau Kamu?

  1. satu sih pe er saya atau kita semua kalau 5G beneran diluncurkan dan siap “pakai”, ganti HP! hehehe. karena inovasi ini pasti membutuhkan gadget , spek, meori dan lain sebagainya yang lebih sesuai.

  2. Wah can’t wait nih! Pengen yoba seberapa hebat dan kerennya 5G ini. Kalau begitu, smartphonenya juga harus yang mumpuni ya mbak? Atau bisa di semua smartphone?

  3. Akuu siap kak… Hehehe saat keadaan serba online gini pasti kita butuh nih soalnya apa2 dilakukan virtual juga, nah kalau ada 5g gini makin asikk deh jaringan lancarr

  4. Internet cepat memang sangat dibutuhkan saat ini ya. Karena semua serba online. Apalagi kalau harus zoom atau google meet, sering banget dapet masalah, entah ngefreez, suara putus-putus, hingga meeting gak maksimal.

    Yang penting nanti kalau udah 5G jaringan merata dan gak hanya di kota yg bisa menikmati.

  5. Wahhh diajak nostalgia nih wkwkwk
    dulu kalau paket data biasanya beli 50 ribu dapatnya cuma 2 GB mbak, dan keseringan sinyal E bukan H+
    Kalau H+ mah langsung di pakai facebookan wkwkkw

    Keren banget sih ini kita hrus siap2 untuk menggunakan jaringan 5G sebentar lagi, tapi apakah kita harus ganti kartu atau ganti HP yaa untuk menikmati jaringan 5G ini suatu saat nanti?

  6. Karena hape saya rusak, beberapa waktu lalu saya beli hape baru yang sudah mendukung 5G. Setelah test, ternyata untuk Bandung pun belum stabil. Jadinya terasa overpriced saja dengan harga yang sudah dikeluarkan.

    Mungkin saya akan menggunakan 5G, jika penyebarannya sudah merata dan koneksinya bagus. Sementaraa 4G LTE saja dulu.

  7. Kuy dong siap dengan jaringan internet 5G. Pasti bakal mantap banget ya buat urusan berselancar asik, tanpa meski terganggu ngadat. Apalagi untuk kerja dari rumah bakalan lancar urusan jadinya

  8. Saya juga mendukung jaringan 5G terlepas dari konspirasi yang simpang siur haha..kalau perangkatnya sudah 5G tinggal providernya yang juga harus mendukung tersedianya jaringan tersebut. Masalahnya 5G belum merata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *