aplikasi ruangbelajar ruangguru

Tahun Ajaran Baru Makin Seru dengan Ruangbelajar

Tahun Ajaran Baru Makin Seru dengan Ruangbelajar – Libur sekolah tetap menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu, khususnya bagi para siswa. Ya…meskipun sudah satu tahun lebih pemerintah menerapkan sistem BDR (Belajar Dari Rumah), yang mana aktivitas belajar mengajar dilakukan dengan jarak jauh, tapi rasanya tetap beda, ya. Setidaknya mereka merasa mendapatkan kebebasan karena tidak memikirkan tanggung jawab menyelesaikan tugas sekolah. Pun dengan orang tua, bisa santai sejenak tanpa memikirkan deadline yang diberikan oleh Guru.

Kira-kira Guru bisa menikmati libur sekolah enggak, ya? 😆

Sebagai orang tua mungkin bisa berhenti sejenak untuk tidak memikirkan pendidikan anak. Namun, ketika libur sekolahnya bersamaan dengan tahun ajaran baru, saya yakin orang tua tidak bisa diem-diem bae. Apalagi bagi mereka yang anaknya hendak masuk jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), tentu cukup sibuk mengawal dari proses pendaftaran sampai dengan pengumuman. 😀

Sebelum diberlakukan sistem PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), ketika sudah dinyatakan lolos di Sekolah yang didaftar, orang tua tinggal fokus membeli peralatan sekolah. Namun sekarang, selain membelikan alat tulis, tidak sedikit orang tua yang mencari tempat belajar tambahan untuk anak-anaknya.

menyambut ajaran baru dengan ruangguru

Persiapan Orang Tua Dalam Menyambut Tahun Ajaran Baru.

Pemerintah merencanakan bahwa tahun ajaran baru pada bulan Juli nanti akan mulai dilaksanakan sekolah tatap muka. Membaca beberapa berita tentang rencana tersebut rasanya ngeri ngeri ngeri. Apalagi kita semua tahu bahwa virus Corona varian baru terus bermunculan di Indonesia. Grafik perkembangan Covid-19 pun makin meningkat. Di Jawa Tengah sendiri, sudah banyak anak-anak yang terpapar virus Corona dan jumlahnya tidak sedikit. Sedih banget.

Orang tua sekarang tidak lagi disibukkan dengan memilih tas baru, sepatu baru., atau atribut sekolah lainnya. Namun lebih menyiapkan mental untuk anak-anak dan dirinya sendiri, serta memberikan edukasi tentang virus Corona. Bagaimanapun juga, anak-anak belum paham betul dengan adanya virus mematikan ini. Tidak heran jika mereka terlihat nyaman-nyaman saja ketika diminta untuk kembali sekolah tatap muka.

Tidak hanya memberi pemahaman tentang Covid-19, ada baiknya orang tua menyiapkan tempat belajar tambahan bagi anak-anak karena meskipun sudah dilakukan pembelajaran tatap muka, guru akan tetap memberikan pekerjaan rumah karena jam pelajaran sepertinya tidak diberikan secara penuh. Artinya, yang sebelumnya masuk sekolah pukul 07.00 WIB dan pulang pukul 14.00 WIB, akan ada penyesuaian.

Mulai dari sini, orang harus banyak introspeksi diri. Belajar dari BDR sebelumnya, apakah sekiranya kita sebagai orang tua mampu menjadi guru di rumah bagi anak-anak? Atau, apakah orang tua hanya cukup mendampingi anak-anak saat belajar? Cukup memberikan fasilitas untuk menunjang kegiatan PJJ?

Belajar Lagi dan Tetap Harmonis dengan Anak.

Kurikulum yang diberikan saat orang tua duduk dibangku sekolah sangat jauh berbeda dengan kurikulum yang didapatkan anak-anak saat ini. Penyelesaian soal pun lebih berat. Saya memang tidak paham betul untuk materi pelajarannya karena anak saya masih di Taman Kanak-kanak. Tapi saya sering mendengar banyak orang tua mengeluh perihal sekolah daring.

belajar dengan buku

Tidak hanya mengeluh karena sulitnya materi pelajaran yang didapatkan dan harus segera diselesaikan, tapi adanya tugas dari guru kadang membuat hubungan orang tua dan anak menjadi tidak harmonis. 😀 Bagaimana bisa harmonis jika orang tua diminta turut andil menyelesaikan tugas anak tapi ternyata tidak mampu? Hasilnya, anak-anak biasanya marah-marah kepada orang tua, ngambek enggak mau belajar dan menyelesaikan tugas dari guru. 😀

Maka dari itu, orang tua harus belajar lagi, melakukan penyesuaian terhadap kurikulum yang ada. Update ilmu supaya bisa membantu anak-anak memecahkan soal-soal, memberikan tips, sehingga mereka pun bangga dengan orang tuanya.

Tahun Ajaran Baru Makin Seru dengan Ruangbelajar.

Tidak ada lagi marah-marah atau ketidakharmonisan antara orang tua dan anak ketika orang tua sudah menguasai materi pelajaran. Tapi bagaimana bisa, ya? Bisa banget, dong. Sekarang kan ada produk Ruangbelajar by Ruangguru.

Produk Ruangbelajar adalah salah satu produk dari Ruangguru yang bisa dimanfaatkan untuk belajar secara online. Baik orang tua maupun anak-anak dapat mengakses produk ini untuk belajar bersama atau mendalami materi pelajaran.

Cara belajar di Ruangbelajar pun sangat seru. Siswa bisa belajar secara mandiri dengan bahan materi yang sudah disediakan. Oiya, Ruangbelajar menyediakan materi belajar berupa video belajar animasi. Anak-anak pasti suka karena memang bahan ajarnya menarik sekali. Belajar pun menjadi seru, enggak bosan.

aplikasi ruang belajar

Ruangbelajar dapat diakses menggunakan smartphone atau PC. Hal pertama yang harus dilakukan ketika hendak mengaksesnya menggunakan smartphone, maka harus unduh terlebih dahulu Aplikasi Mobile Ruangguru melalui Google Play Store bagi pengguna Android, dan App Store bagi pengguna iOS. Lalu, install aplikasinya dan gunakan!

Kemudian untuk dapat diakses menggunakan PC, kamu harus mengunduh aplikasi Ruangguru for Desktop. Aplikasi ini bisa berjalan di operasi sistem (OS) berbasis Windows dan Mac. Sesuaikan saja dengan OS yang ada pada PC, ya. Lakukan instalasi aplikasi, kemudian lanjut dengan pendaftaran, ya.

Selain menyediakan materi pelajar dengan metode belajar yang menarik, Ruangbelajar juga menyediakan soal-soal yang bisa digunakan sebagai bahan latihan ujian, semacam bank soal. Fitur lain yang bisa didapat dari Ruangbelajar antara lain Ruangguru PET, Ruangguru Adventure, Jadwal Belajar, Asah Otak, dan Laporan Belajar.

Tahun ajaran baru makin seru, bukan?

Kenapa Memilih Ruangbelajar by Ruangguru?

Keterbatasan ilmu bagi orang tua menjadi salah satu persoalan ketika mendampingi anak-anak belajar. Dengan aplikasi Ruangbelajar by Ruangguru, orang tua bisa belajar terlebih dahulu sebelum pada akhirnya anak-anak minta didampingi belajar atau diajari. Artinya, orang tua sudah siap bekal yang pastinya menambah rasa percaya diri di depan anak.

Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa belajar secara mandiri karena cukup dengan memutar video. Nah, anak pasti akan tambah semangat belajar karena menggunakan gadget. Tahu sendiri lah, ya, bahwa dalam kehidupan sehari-hari anak lebih aktif dengan gadget. Maka dari itu, manfaatkanlah pembelajaran menggunakan gadget. Btw, materi videonya sangat mudah dipahami oleh anak-anak. Apalagi dengan adanya video animasi Dafa Lulu di Ruangbelajar untuk anak SD, belajar pun makin seru dan menyenangkan.

aplikasi ruangbelajar ruangguru

Mungkin yang menjadi pertimbangan khusus bagi orang tua yaitu harga paket belajar. Dengan kualitas materi yang bagus, mungkin beranggapan harga paket belajarnya mahal. Tenang, harga untuk paket belajar di Ruangbelajar cukup terjangkau. Orang tua bisa mengambil paket 1 semester atau langsung 2 semester dengan mendapatkan potongan harga yang sangat lumayan.

Kelebihan lain yang bisa didapatkan yaitu seluruh materi yang tersedia di Ruangbelajar bisa diunduh. Artinya, orang tua bisa menghemat kuota internet untuk kegiatan belajar ini.

Gimana? Makin mantap memilih Ruangbelajar, kan?

Tahun ajaran baru bakalan makin seru dengan adanya Ruangbelajar. Betul-betul menjadi sebuah terobosan yang sangat bermanfaat dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar.

15 thoughts on “Tahun Ajaran Baru Makin Seru dengan Ruangbelajar

  1. Super BANGGA dengan app RuangGuru dan aneka produk pendidikan yg ditawarkan.
    Keren keren dan sangat bermanfaat!
    Apalagi, ortu seperti diriku, pastinya mumeettt kalo diajak mikir pelajaran SMP 😀
    Alhamdulillah, ada tim RuangGuru dan RuangBelajar yg siap membantu, yeayyy!

  2. Ruangbelajar by Ruangguru ini membuat anak-anak belajar dengan penuh semangat, sebab metode penyampaian materinya menarik dan mudah dipahami. Hubungan ibu dan anak saat membahas kegiatan belajar jadi semakin harmonis saat berdiskusi, orang tua ga darting, anak ga ngambek.

  3. Nah ini dia Idah, yang sering ortu kadang uring2an yaa, karena keterbatasan ilmu, menjadi salah satu persoalan ketika mendampingi anak-anak belajar.
    Semoga dgn adanya aplikasi Ruangbelajar by Ruangguru, ortu bisa belajar dulu sebelum mendamping anak-anak ketika belajar. Jadi no drama-drama lagi yaa.
    Semangat menyambut tahun ajaran baru.

  4. yeay! semangat ya sambut tahun ajaran barunya. semoga pandemi ini segera usai dan bisa normal lagi segala sesuatunya

  5. Kebantu banget ya. Aku dengar kalau dari sekolah sessinya cuma sebentar, anak2 belum sampai paham. Ada yg panggil guru les ke rumah. Sama aja nggak jarak jarak. Mending bimbel online

  6. Tahun ajaran baru, kudu mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.
    Karena starting point ini penting yaa..
    Dengan menginstal dan belajar bersama di ruangbelajar dari ruangguru yang sangat rekomended ini, semoga anak-anak menjadi lebih semangat dalam memahami materi pelajaran.

  7. Aku baru tau ada ruangbelajar dr ruangguru, nanti aq rekomendasiin ke kakak deh biar dia langganan buat anak2nya, kasihan dia kudu mantau 3 anak ?

  8. hehe iya mbak, kerasa banget ya selama mendampingi anak belajar di rumah kadang ada aja masalah komunikasi yang ga pas, jadi aja keliatannya mama galak hihihi alhamdulillah dengan ruang guru ada alternatif dalam mendampingi anak belajar yaa

  9. ruangbelajar ini menurutku friendly banget buat anak2 dan orang tuaa.. kalau buat orang tua tuh yang bikin hepi ya karena harganya terjangkau (banyak diskon), trus fasilitasnya juga bagus mbaa.. tinggal kita optimalin juga pendampingan belajar anak

  10. Allhamdulilah ya mba jadi solusi di tengah pandemi dengan belajar di ruang belajar ini. Bikin memudahkan orangtua dan anak mendapatkan pelajaran. Apalagi kalo beli sepaket jatuhnya lebih murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *