Inovasi Teman Kreasi Hadir untuk UMKM Indonesia.

Inovasi Teman Kreasi Hadir untuk UMKM Indonesia

Inovasi Teman Kreasi Hadir untuk UMKM Indonesia – Suatu pagi saat menyalakan paket data internet, ada banyak pemberitahuan melalui DM (Direct Message) di akun Instagram saya yang isinya khusus kuliner Banjarnegara. Karena penasaran, saya buka satu per satu, dong. Ternyata isinya yaitu permintaan promosi dan tag dari beberapa akun dagangan. Kalau tidak salah ingat, pertengahan bulan April 2020.

Serbuan DM dari para pelaku usaha ternyata enggak hanya ditujukan kepada akun saya saja. Di grup PENDORA, hampir seluruh admin akun-akun besar dengan label Banjarnegara, menyampaikan hal yang sama. Pada akhirnya, kami pun memutuskan untuk gotong royong membantu masyarakat Banjarnegara yang usahanya terdampak Covid-19 dengan cara turut mempromosikan produk dagangannya di akun kami.

Yups, keberlanjutan sebuah usaha di masa pandemi membutuhkan tambahan sentuhan yang tidak sedikit dan itu tidak mudah. Banyak usaha rumahan yang terus berjuang untuk tetap bertahan demi keberlanjutan usahanya. Mereka melakukan berbagai macam cara supaya dagangan bisa terjual. Inovasi dalam penjualan pun mau tidak mau harus dilakukan supaya ada yang mau beli. Mulai dari memberikan promo kepada pelanggan hingga berani melakukan COD (Cash On Delivery) demi dapur terus mengepul.

Membantu Sesama Saat Pandemi

Kekuatan dari sebuah komunitas memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Gerakan yang dilakukan kadang spontanitas, tapi dapat memberikan dampak yang luar biasa. Seperti Smartfren Community, sebuah komunitas yang berdiri sejak tahun 2015 ini sudah berkembang pesat menjadi wadah inovasi dan kolaborasi bagi para milenial masa kini. Smartfren bersama generasi muda bergerak untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Inovasi Teman Kreasi Hadir untuk UMKM Indonesia.

Sebagai salah satu bentuk kepedulian di masa-masa sulit seperti sekarang ini, Smartfren meluncurkan sebuah inovasi yang bernama Teman Kreasi Indonesia. Inovasi ini sebagai wadah untuk mengembangkan kolaborasi, kreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital.

Teman Kreasi Indonesia yang diluncurkan pada bulan Maret Tahun 2021 ini bekerja sama dengan Smartfren Community yang mana anggotanya saat ini telah mencapai 90 ribu lebih dan tersebar di 120 Kota di Indonesia. Artinya, yang mengelola Teman Kreasi Indonesia adalah ketua yang memiliki usaha sendiri, sekaligus menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya. Tentu mereka sudah tergabung di komunitas Smartfren, dong.

Inovasi Teman Kreasi Hadir untuk UMKM Indonesia.

Ada banyak produk unggulan UMKM Indonesia yang sudah gabung dengan Teman Kreasi. Tepatnya ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota. Di Kota Bandung, misalnya. Di sana ada empat Teman Kreasi yang masing-masing punya produk keunggulan sendiri.

Iya, produk UMKM yang bergabung dengan Teman Kreasi adalah produk-produk unggulan daerah setempat. SEPIA (Sale Pisang Ambon) dari Kabupaten Garut, misalnya. Seperti yang kita tahu bahwa Pisang Ambon atau Pisang Cavendih menjadi salah satu komoditas pertanian di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Makanya enggak heran kalau ada banyak macam olahan pisang dari Garut karena stok pisang melimpah.

Unsur Inovasi yang Diberikan Smartfren.

Masa pandemi mengajarkan kita semua untuk hidup lebih cerdas. Pun dengan para pelaku UMKM yang mau tidak mau harus dapat memanfaatkan gawai dan internet untuk keperluan promosi produk. Melalui Teman Kreasi yang punya slogan 100% Lokal 100% Indonesia, para UMKM diharapkan dapat menghasilkan produk unggulan yang lebih inovatif dan memiliki daya jual tinggi.

Ada dua unsur inovasi dari Teman Kreasi, yaitu:

  1. Pertama, program inkubator yang berbasis komunitas pelanggan menjadi kunci dari sustainable CSR yang dijalankan oleh Smartfren.
  2. Kedua, spirit digital sociopreneurship atau kewirausahaan sosial berbasis digital. Smartfren ingin agar peserta Teman Kreasi tidak hanya mengejar profit usaha saja, tetapi juga mengejar kemampuan memberi manfaat untuk lingkungan sekitar.

Jadi, Teman Kreasi ini ingin meng-kampanyekan sustainability bagi para UMKM agar usaha mereka bisa berkelanjutan dengan tetap memperhatikan lingkungan. Selain unsur inovasi di atas, Teman Kreasi juga mempunyai program-program yang sangat menarik, yaitu:

  1.  Kelas online melalui media digital bertema pengembangan bisnis,
  2. Event hybrid untuk promosi usaha dengan protokol kesehatan ketat, dan
  3. Pendampingan atau business coaching secara virtual.

Bagaimana? Sangat menarik bukan? 😉

Smartfren Sukses Raih Anugerah Inovasi Indonesia 2021.

Saking banyaknya manfaat yang dapat dirasakan oleh para UMKM, khususnya di masa pandemi, enggak heran jika Smartfren mendapatkan penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Yups, Gerakan sosial “Teman Kreasi Indonesia” yang diprakarsai oleh Smartfren telah dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren saat menerima penghargaan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021

FYI, IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar untuk memberikan apresiasi pada inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak atau perusahaan. Sejumlah aspek yang dinilai dalam seleksi penghargaan ini adalah inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan.

Omong-omong, ini adalah kedua kalinya Smartfren mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility, setelah pada 2020 lalu berhasil meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community. Kedua penghargaan ini mengukuhkan posisi Smartfren sebagai operator telekomunikasi terbaik dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan di masyarakat.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan Penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang kami terima selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.”

Semoga ke depannya makin banyak inovasi-inovasi dari Smartfren yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia, ya.

24 thoughts on “Inovasi Teman Kreasi Hadir untuk UMKM Indonesia

  1. Seneng ya kalo banyak perusahaan besar yang mendukung UMKM gini. Semoga dengan saling mendukung, perekonomian Indonesia juga jadi semakin membaik kondisinya. Aamiin.

  2. Teman Kreasi Indonesia ini keren banget ya. Suatu bentuk CSR yang sustainable dan sanhgat bermanfaat untuk tumbuh kembang UMKM

  3. Syukurlah sekarang banyak pihak yang peduli dan mendukung kegiatan UMKM di Indonesia. Termasuk dukungan dari Smartfren, ya.
    Semoga UMKM di Indonesia bisa semakin maju dan perekonomian masyarakat pun bisa meningkat

  4. keren ya innovasi dari smartfren nih bisa membantu para umkm. Tapi yang masuk teman kreasi hanya umkm unggul aja ya? Bagaimana dengan umkm yang memang baru merintis?

  5. Keren juga Smartfren ya. Menurutku sangat membantu komunikasi khususnya akses internet. Apalagi untuk UMKM sehingga ranah penawaran mereka bisa meluas ke ranah digital.

  6. Keren! Semoga makin berhasil menumbuhkan ekonomi kreatif di UMKM Indonesia ya mba. Bagusnya karena akan mendorong makin banyak karya kreatif. Kelas online untuk pengembangan digital sangat dibutuhkan pastinya

  7. Yeayy, Congratulation Smartfren for The Awards! Memang layak mendapatkan pernghargaan mengingat banyak sekali Pelaku UMKM yang terbantu oleh Smartfren ya. Potensi Derah pun semakin terangkat dan memberikan peluang untuk bisa memperluas Pemasaran ke Kancah Nasional dan bahkan Internasional.

  8. keren banget ini inovasinya ya mba mengembangkan kolaborasi, kreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital. semoga terus ada nih

  9. Aku selalu ingat kata-kata Pak Sandiaga Uno bahwa zaman sekarang itu bukan waktunya bersaing, tapi waktunya berkolaborasi, agar bisa bertumbuh bersama.
    It’s true yaa.. Program dari Smarfren ini keren-keren.

  10. Alhamdulillah, selamat ya Smarfren mendapatkan penghargaan Sustainable Innovative SME Development dua tahun berturut-turut, tentu ini juga tak lepas dari sumbangsihnya smartfrend pada kemajuan UMKM di indonesia yaa. Semoga tahun depan akan lebih banyak lagi inovasi yang dilakukan oleh smarfren sehingga kehadirannya akan sangat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat di indonesia

  11. selamat untuk smartfren untuk perolehan penghargaan atas inovasi teman kreasi. semoga adanya teman kreasi ini semakin menjadikan UMKM indonsia semakin berjaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *