5 Kegiatan Menyenangkan Untuk Mengisi Waktu Luang

5 Kegiatan Menyenangkan Untuk Mengisi Waktu Luang

5 Kegiatan Menyenangkan Untuk Mengisi Waktu Luang – Punya waktu luang, tuh, sangat menyenangkan. Terlebih buat kamu yang sudah bekerja. Entah kerja apa saja; kantoran, bertani, berniaga, atau ibu rumah tangga. Apa pun pekerjaan kamu pasti akan membutuhkan waktu khusus untuk fokus. Makanya, begitu punya waktu luang biasanya sudah menyusun sederet rencana atau kegiatan.

Omong-omong, setiap orang punya waktu luang yang berbeda sekalipun jam istirahat banyak sama. Kalau di Indonesia, jam istirahat kerja umumnya pada pukul 12.00 WIB. Kemudian, dilanjut dengan jam pulang kerja dan kembali menjumpai jam istirahat malam hari yang fleksibel banget. Begitu juga dengan hari libur kerja, pekerja kantoran pasti ada aturan libur. Berbeda dengan para petani, banyak yang memilih bekerja penuh selama tujuh hari. Contohnya orang tua aku. Meskipun usia sudah enggak muda lagi, semangat bertani masih sangat tinggi.

Eh, jam istirahat yang sudah aku tulis di atas tentu enggak berlaku buat mereka para Ibu rumah tangga yang full time di rumah saja. Betul kan, Bun? šŸ˜‰

Dalam waktu 24 jam, kira-kira ada berapa jam atau waktu yang bisa kamu gunakan untuk enggak bekerja? Level pejabat negara atau artis, mungkin punya waktu luang yang enggak banyak. Saking banyaknya agenda kerja, mereka sampai membuat jadwal, Ā time schedule,Ā hinggaĀ deadlineĀ pekerjaan.

Woiii, bukan hanya pejabat negara saja yang punya time scheduleĀ kalik! Emak-emak berdaster yang setiap harinya mengurus rumah tangga sekarang pada hebat-hebat banget. Jadwal harian sudah tersusun rapi meskipun enggak punya sekretaris. Bahkan dalam sehari hendak mengerjakan apa saja, tuh, sudah di luar kepala. Dengan melihat situasi, insting, maupun telepati (sumpah ini demi apa), “ibu negara” sudah bisa memprediksi jam berapa bisa mendapatkan waktu luang.

Kegiatan Menyenangkan Untuk Mengisi Waktu Luang

apa waktu luang versi kamu?

Bagi Aku, Waktu Luang Itu…

Waktu luang sering diartikan dengan enggak melakukan apa-apa dan juga bermalas-malasan. Padahal sebenarnya enggak seperti itu, lho. Aku membaca beberapa artikel, arti dari waktu luang dilihat sebagai waktu yang enggak digunakan untuk bekerja; mencari nafkah dan melaksanakan kewajiban.

Penasaran dengan berapa waktu luang yang aku punya dalam sehari, aku pun mencoba menguraikan kembali rutinitas harian aku ke dalam aplikasi catatan di ponsel. Mengejutkan sekali ketika aku mendapatkan waktu luang yang enggak banyak. Waktu terbagi untuk mengurus pekerjaan rumah tangga dari pagi hari. Kemudian lanjut untuk berangkat kantor dan di sini aku punya waktu luang di luar jam istirahat meskipun enggak banyak. Betul, kerja kantoran kalau kewajiban sudah terselesaikan mau ngapain? Aku punyaĀ time scheduleĀ dalam sebulan dan target harian dalam bekerja di kantor. Jadi kalau pekerjaan sudah selesai, artinya sisa waktu tersebut adalah waktu luang. JustĀ one hour, at 03:30 p.m until 04.30 p.m.Ā  šŸ˜‰

Baca tentang Kecanduan Me Time di Owabong.

Kemudian sepulang kerja, as mom of two which one is still a toddler,Ā ugh…sampai di rumah adalah waktu buat anak-anak sampai mereka bosan sama mamaknya. hahaha. Terus, kalau di wastafel dapur masih berantakan, itu buat esok hari karena aku mencoba untuk menjadi ibu rumah tangga yang enggak perfect amat meskipun sebenarnya risi banget melihat tumpukan gelas atau piring kotor. šŸ˜›

Seperti yang sudah aku tulis di awal, jam istirahat itu fleksibel banget. Dan ini terjadi di aku. Iya, ketika anak-anak sudah tidur bersama suami, kadang aku mengambil satu atau dua jam sebagai waktu luang. Aku paham, setelah melakukan rutinitas harian, otak dan badan pasti capek, butuh diistirahatkan. Tapi ketika waktu luang dapat sedikit menghilangkan rasa lelah, kenapa tidak dilakukan? šŸ˜‰

Berproses dari zaman gadis sampai punya dua anak, ternyata waktu luang ada masanya. Aku masih ingat, dulu saat masih gadis ketika punya waktu luang aku gunakan untuk berselancar di media sosial. Cukup banyak waktu yang aku gunakan untukĀ scroll time lineĀ sosmed. Eh, sampai sekarang juga masih, ding. Hanya saja enggak segila dulu. šŸ˜† Atau, kegiatan paling umum yaitu mendengarkan musik sambil tiduran atau tiduran sambil mendengarkan musik. šŸ˜›

“eh, lagi ngapain?”

“lagi dengerin musik sambil tiduran, yaaang. mumpung.”

Hahahaha. Padahal buat mendengarkan musik itu enggak membutuhkan waktu luang, ya. Cuma kalau tiduran memang butuh waktu khusus karena enggak mungkin masak sambil tiduran. Eh, dodol garut! Ini ketimbang cuma tiduran dowang, enggak ada aktivitas lain, gitu. šŸ˜†

Baca lagi tentang Ā Cara Me Time yang Bikin Happy.

Duh…sekarang tiduran sambil mendengarkan musik sudah jarang banget aku lakukan. Kalau mau tidur, ya tidur. Kalau mau mendengarkan musik dowang ya pasti ketiduran. šŸ˜† Jadi, sekarang waktu luang lebih sering aku gunakan untuk 5 kegiatan di bawah ini yang tentunya produktif bagi kepentingan diri sendiri. šŸ˜†

5 Kegiatan Menyenangkan Untuk Mengisi Waktu Luang

5 Kegiatan Menyenangkan Untuk Mengisi Waktu Luang…

1. Apa yang Menjadi Hobi Selalu Asyik Dilakukan.

Untuk menjalankan hobi, aku butuh banget waktu luang karena hobi aku enggak bisa dilakukan bersamaan dengan kegiatan lain. Membaca buku, misalnya. Dalam keseharian, aku enggak punya target membaca buku. Makanya, ketika punya waktu luang, aku pasti menyempatkan untuk membaca buku karena bagiku membaca itu penting.

Ada banyak kegemaran aku yang biasa aku wujudkan di waktu luang. Satu atau dua jam yang aku punya, rasanya asyik banget jika diisi dengan melakukan hal-hal yang membuat bahagia. Syukur-syukur bisa mendapatkan goal-nya.

Baca lagi tentang Hobi Baru di Masa Pandemi.

2. Merapikan Dokumentasi di Ponsel Juga Seru!

Wah…ini! Meskipun meja kerja lebih sering berantakan ketimbang rapi, tapi kalau masalah dokumentasi diĀ handphone rapi, tuh, rasanya sesuatu banget. Aku kerap merasakan mudahnya pencarian dokumentasi khususnya foto dan video ketika semua sudah aku masukan ke dalam folder sesuai dengan momen. Dokumentasi saat mengunjungi pantai Jetis, misalnya. Pas mau kirim ke teman, unggah ke media sosial, google maps, atau blog, cukupĀ searchingĀ saja dengan kata kunci pantai jetis atau cari folder pantai jetis. šŸ˜‰

Aku lebih memilih merapikan dokumentasi di handphone ketimbang di laptop karena interaksi aku lebih banyak menggunakanĀ smartphone.Ā Maka jika ada waktu luang aku manfaatkan untuk memindah foto-foto tersebut ke dalam folder tersendiri.

Selain dokumentasi, aku juga senang merapikan isi email. Iya, email-email yang isinya pekerjaan lewat deadline langsung aku masukkan ke dalam folder yang sudah aku buat sebelumnya. Ada banyak folder yang sudah aku buat di email, jadi tinggal memasukkan saja ke dalam kategori.

Enggak kalah pentingnya, nih. Bukan merapikan, sih, tapi aku kurang suka mengoleksi obrolan kecuali transaksi hutang piutang atau sebuah janji. Hahaha. Obrolan di WhatsApp, Facebook, Diricet Messages Instagram, Twitter, dan aplikasiĀ chat lainnya juga pasti aku rapikan.

Kegiatan ini membutuhkan niat yang kuat karena untuk mengawalinya enggak mudah. Tapi kalau sudah terbiasa, enggak akan membutuhkan waktu lama.

3. Review Pengaturan Keuangan Butuh Ketenangan ya, Bun!

“Duh…perasaan kemarin ada uang satu miliar di dompet. Kok tinggal seratus juta, ya?”

Pernah enggak, mengalami hal seperti di atas? Kalau aku sering! Padahal aku sudahĀ installĀ aplikasi catatan keuangan di ponsel. Tapi tetap saja kadang enggak tertib dan kaget sendiri kalau tiba-tiba uangnya “hilang”. Hahaha. Dasar emak-emak, ya.

Menurut aku, waktu yang paling tepat untuk mengatur keuangan adalah saat sedang lenggang dan tidak dibebani oleh pikiran pekerjaan lainnya karenaĀ mereviewĀ keuangan itu membutuhkan ketenangan otak dan batin supayaĀ financial planning-nya semakin oke. šŸ˜› Apalagi di masa pandemi seperti ini, harus menghindari banget yang namanyaĀ panic buying.

Baca tentang Aplikasi Pencatatan Keuangan.

4.Ā Bermain Games di Plays.org.

Bermain gamesĀ menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Banyak yang bilang, bermain gamesĀ dapat menghilangkan rasa lelah setelah seharian bekerja. Enggak sedikit juga yang berpendapat kalau gamesĀ dapat menghilangkan stress, lho.

Aku punya rekan kerja yang sebelum memulai pekerjaan, tuh, pasti dia menyempatkan untuk bermain gamesĀ meskipun hanya beberapa menit. Baginya, setelah bermainĀ games,Ā kerja menjadi lebih semangat. Ada begitu, ya. šŸ˜› Sementara buat aku, bermain games ini bisa bikin rileks. Biasanya aku ngegames saat sudah lumayan sela tepatnya saat ada waktu luang di kantor.

Cara bermain Games di Plays.org

Kenapa lebih memilihĀ nge-gamesĀ di kantor?

Tentunya biar lebih bebas, sih. Bebas dari pandangan anak-anak. šŸ˜› Selain itu, aku lebih nyaman mainĀ bermainĀ gamesĀ melalui desktop. Lebih puas, gitu. Apalagi kalau nge-gamesnya di Plays.org, ada banyak pilihan permainan. Ada yang buat anak-anak, ada juga buat orang dewasa.

Plays.org adalah platform games online yang bisa diakses menggunakan semua jenis gadget. Artinya,Ā gadget harus tersambung dengan jaringan internet ketika akan main games di Plays.org, ya. FYI, selain banyak permainan yang bisa dipilih, seluruh games yang tersedia, tuh, gratis. Aku lebih nyaman bermainĀ gamesĀ melalui plays.org karena permainan yang disediakan, tuh, ringan. Karena tipenya adalah berbasis web, jadi enggak perlu mengunduhĀ games-nya. Nilai lebih juga dari platform penyedia gamesĀ ini, tuh, pengguna enggak perlu melakukanĀ registrasi.Ā Tinggal pilih mau memainkan permainan apa, klik klik klik, bisaĀ singleĀ atau main bersama teman, sesuai selera, ya.

5. Chit-Chat di Group.

Chit-chat di group, khususnya WhatsApp Group, untuk sekarang jarang banget aku lakukan. Aku masih ingat banget pas masih belum repot menjadi mami, bisaĀ chatĀ diĀ groupĀ sampai tengah malam atau bahkan dini hari. Rasanya enggak pernah bosan karena banyak yang diperbincangkan. Mulai dari yang sangat bermanfaat buat mamak-makan, seperti tips mendapatkan perhatian suami saat suami sedang bobok pulas, sampai dengan haha hihi ngobroling hal hil yang kadang enggak ada muaranya tapi senang-senang saja. šŸ˜€

Sekarang untuk melakukan chit-chat di group, tuh, rasanya sudah enggak mudah seperti dulu. Selain memang banyakĀ groupĀ yang pada akhirnya sepi dengan sendirinya karena anggotanya pada sibuk, rasanya sudah butuh waktu khusus untuk membuka WAG yang jumlahnya enggak sedikit. Jadi, kalau sedang cukup luang, aku biasanya ikut nimbrung di WAG untuk ikut haha huhu.

Omong-omong, kalian pasti punya waktu luang juga, kan? Atau, jangan-jangan hidupnya sudah diatur waktu, ya? Hihihi

10 thoughts on “5 Kegiatan Menyenangkan Untuk Mengisi Waktu Luang

  1. ketika aku sakit beberapa bulan lalu, kegiatanku cuma berbaring aja di kasur. dan bener banget mba.. ngegame itu lebih menyenangkan ketimbang nonton film, kalau lagi sakit sih terutama haha.. jadi fun gitu rasanya dan tertantang untuk menyelesaikan level demi level

  2. Waktu luang ku selama ini aku pake buat beres-beres. Walaupun kesannya kaya bukan waktu luang, tapi beres-beres itu ngasih efek tenang dan nyaman banget, ya cape juga sih hehee. Mungkin harus kucoba sesekali main games nih. Apalagi plays.org ini gratis yaaa…aku suka aku suka hehe

  3. Wah sama banget mbak, aku juga suka banget ngebenahin dokumen di HP, karena kadang suka bikin HP jadi lemot karena kelebihan beban dan banyak cache yang belum dihapus. Dan main game barengan sama anak-anak. hehe

  4. duuh Bun, itu uang 1 M nya kan dibagi ke saya kemarin, masa lupa sih? :-p
    benar banget ya Idah, sekarang itu kalau punya waktu luang rasanya berharga banget yaa bisa lakukan hal-hal yang kita sukai yang sehari-hari sering kita skip sih ya.
    main di Plays.org ini seru banget, tiap saat kayaknya gamenya nambah mulu ya, kan jadi happy tuh šŸ˜€

  5. Memang kudu cerdas dalam memanfaatkan waktu yaa..
    Setiap detiknya begitu berharga dan semoga bisa menjadikan kita lebih produktif.
    Termasuk waktu luang yang dimanfaatkan dengan bermain. Ini bisa jadi stress healing juga nih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *