5 Hobi yang Sangat Menguras Kuota Internet, Tapi Tetap Dilakukan!

Smartfren Unlimited Nonstop! Internetan Happy Bebas Worry (1)

Saat ini banyak hobi yang mengandalkan internet. Tanpa koneksi internet, ada beberapa hobi yang enggak bisa dilakukan. Duh…enggak asyik banget kalau terpaksa hobinya berhenti hanya karena kuota internet habis, ya. Apalagi buat para pembuat konten yang mana sudah tahu hobi mereka sangat menguras kuota internet, tapi tetap dilakukan karena siapa tahu dapat cuan. ūüėÜ Kesal banget pasti pas mendapatkan koneksi internet tidak stabil karena kuota hampir habis. ūüėõ

Omong-omong soal kuota internet, nih. Kebutuhan kuota internet tiap orang berbeda-beda. Pada tahun 2019, misalnya. Membeli kuota internet 10 gigabita berasa banyak banget dan cukup untuk satu bulan. Kemudian pada tahun 2020, ternyata kuota 10 gigabita hanya cukup untuk setengah bulan. Lanjut tahun 2021, kebutuhan kuota internet tiap bulannya ternyata bisa mencapai 25 gigabita. Itu baru kebutuhan pribadi, ya. Belum kebutuhan buat keluarga; ada suami dan anak-anak yang saat ini pembelajarannya kembali menggunakan metode dalam jaringan (Daring).

Meningkatnya kebutuhan kuota internet setiap bulannya tentu dibarengi dengan bertambahnya hobi¬†atau intensitas terhadap penggunaan internet itu sendiri. Tadinya yang merasa cukup¬†scroll¬†Instagram untuk mendapatkan inspirasi konten, sekarang merasa harus scroll¬†TikTok juga buat update joget kekinian. ūüėÜ Kuota inet yang dibutuhkan untuk sekadar scroll Instagram saja enggak sedikit, lho. Apalagi ditambah menonton jogetan di TikTok, YouTube, Streaming, dan bikin desain online. Sudah dipastikan sangat menguras kuota internet. Tapi uniknya, hobi tersebut tetap dilakukan, ya. Hahaha.

Baca artikel tentang Kegiatan Produktif di Akhir Pekan.

Berikut setidaknya ada 5 Hobi yang sangat menguras kuota Internet, tapi tetap dilakukan. Dan enggak menutup kemungkinan hobi di bawah ini termasuk yang kamu banget.

5 Hobi yang Sangat Menguras Kuota Internet, Tapi Tetap Dilakukan!

1. Streaming Apa Saja! Sudah Tahu Bakal Menghabiskan Kuota Internet, Tetapi Tetap Dilakukan.

Tempat pelarian yang tepat saat bad mood¬†menyapa saat ini bukan ke kafe, tapi dengan¬†streaming¬†katanya bisa meningkatkan¬†mood booster.¬†Eh…betul enggak, sih? Ya karena masih masa pandemi jadi mau enggak mau dibetah-betahkan beraktivitas di rumah, ya. ūüėÜ

Streaming apa saja terpenting adalah apa yang disukai. Menonton film, drama Korea, atau sinema elektronik yang juga ditayangkan di kanal YouTube. Ternyata enggak sedikit orang yang hobi streaming, lho. Bahkan streaming musik dan juga film mengalami perkembangan secara digital. Apalagi setelah layanan streaming Netflix hadir dan menjadi sukses menjadi rekomendasi buat menonton film di kalangan anak muda, kini bermunculan layanan lokal digital serupa seperti HOOQ, VIU, Iflix dan masih banyak lagi layanan streaming lainnya, ya.

Para penikmat konten via streaming ini enggak peduli akan menghabiskan berapa banyak kuota internet karena mereka lebih suka dan bisa jadi lebih nyaman dengan layanan streaming ketimbang menonton di televisi. Dampaknya juga sangat terasa setelah melakukan streaming, biasanya menjadi lebih semangat dalam melakukan aktivitas (ini setelah streaming Drakor biasanya) atau lebih update perihal berita terkini.

2. Scroll Media Sosial. Yaa….Siapa Tahu Dapat Ide Buat Konten.

Ya….siapa tahu setelah¬†scroll¬†media sosial bisa dapat ide buat konten. Dalihnya, sih, begitu. Tapi tanpa disengaja kadang terjebak karena saking asyiknya melihat, menonton konten teman atau artis idola. Tanpa di sadari juga, kadang terjebak dalam satu akun yang kontennya bagus dan berusaha scroll¬†sampai bawah alias konten pertama yang dibuat. Eh…tapi ini bukan stalking¬†lho meskipun kadang ada juga yang terjebak nostalgia atau ketemu akun mantan terus pingin banget tahu aktivitasnya saat ini ngapain saja. Terus, pada akhirnya enggak dapat ide buat bikin konten. Aw…udah ngabisin kuota, enggak dapat inspirasi konten. Kasihan.¬† ūüėÜ

3. Workout at Home. Apa pun Alasannya, Kalau yang Ini Memang Harus Dilakukan!

Kira-kira dalam waktu satu minggu, berapa kali kamu melakukan aktivitas olahraga, nih? Sepertinya banyak yang sudah menjadikan olahraga sebagai rutinitas. Tepatnya semenjak pandemi, aktivitas workout at home ini sangat popular di Indonesia karena kegiatan olahraga gym dibatasi. Kegiatan ini dipilih masyarakat Indonesia karena mereka menginginkan tubuh yang lebih sehat lagi supaya enggak mudah terpapar virus Covid-19.

FYI, berdasarkan polling CNNIndonesia.com di media sosial Twitter dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional, workout di rumah jadi olahraga terfavorit netizen, lho. Iya, sebanyak 44,8 persen netizen memilih workout di rumah sebagai olahraga favorit mereka.

Omong-omong, kamu tim workout yang harus dengan pemandu via online atau hanya sekadar menggerakkan tubuh asal keluar keringat, nih?

Aku masuk pada tim workout dengan dibantu pemandu melalui kanal YouTube. Dengan mengandalkan gadget atau media televisi pintar, workout bisa dilakukan di rumah bersama keluarga. Ada beragam olahraga yang bisa dipilih, mulai dari yang ringan-ringan saja, sampai yang mahir. Dan kita semua tahu, durasi untuk workout ini minimal banget adalah 30 menit supaya terasa. Sudah terbayangkan kalau dilakukan setiap hari dengan memanfaatkan kuota internet, kan? Sudah pasti menghabiskan banyak banget kuota.

Smartfren Unlimited Nonstop! Internetan Happy Bebas Worry (1)

Baca lagi tentang Rekomendasi Olahraga di Masa Pandemi.

4. Membuat Desain Grafis Online yang Sudah Menjadi Kebutuhan Para Pembuat Konten.

Konten tulisan tanpa disisipi desain grafis rasanya hambar enggak, sih? Saat ini desain grafis sudah seperti magnet yang dapat menyedot perhatian para pembaca atau followers untuk melihat karya lebih lanjut sampai tuntas. Dulu, sebuah tulisan di blog khususnya, hanya disisipkan dengan foto-foto saja sudah cukup, ya. Tapi permasalahan yang timbul, tuh, ketika hendak update tulisan tapi enggak punya foto pendukung yang relevan.

“Lho, bisa ambil dari penyedia gambar gratis, bukan?”

Betul. Betul banget. Tapi rasa-rasanya kadang kurang puas. Mending hasil karya sendiri, sesederhana apa pun itu. Solusi mudahnya, membuat desain di platform desain grafis. Masalahnya, kalau dilakukan secara onine pasti membutuhkan kuota internet, kan. Menggunakan platform Canva, misalnya. Platform tersebut harus terkoneksi dengan internet dan hasilnya juga akan tersimpan otomatis. Dan Canva ini termasuk platform yang cukup berat karena banyak tersedia banyak banget template desain di dalamnya. Membutuhkan koneksi yang internet yang stabil untuk dapat menjalankan aplikasi supaya lancar dalam membuat desain.

Nah, karena sudah menjadi kebutuhan, mau menghabiskan berapa pun kuota internetnya ya dijabanin saja, ya. Ketimbang konten yang dihasilkan kurang memuaskan. ūüėČ

5. Mengunggah Hasil Karya Ke Media Online. Ya…Siapa Tahu Ada Hoki Di Sana.

Gengs, kamu lebih rajin membuat konten untuk media sosial, update tulisan di media online, atau keduanya? Baru-baru ini, aku lagi suka bikin video isinya kulineran, terus diunggah di akun TikTok milik aku yang followersnya belum seberapa. Hahaha. Terus, kalau sudah diunggah di TikTok, biasanya aku bagikan juga di akun Instagram dan tak jarang aku share di kanal YouTube milik aku.

Mengunggah hasil karya ke media online bisa menjadi salah satu cara branding, lho. Aku jadi ingat saat tahun kedua nge-Blog. Aku pernah ditanya oleh seorang Blogger yang menggiring aku untuk membeli domain ini. Kira-kira pertanyaannya seperti berikut:

“Kamu sudah menjadi Blogger. Kamu ingin dikenal sebagai Blogger saja atau nantinya akan membahas tema tertentu di blog ini?”

Saat itu karena belum begitu paham tentang tema blog atau¬†niche blog. Jadi, aku jawab saja kalau aku ingin menulis apa saja yang aku lihat, aku dengar, dan aku rasakan. Eh…kayak judul lagu saja, ya. ūüėÜ Iya, memilih sebagai lifestye Blogger karena topiknya “gado-gado”. Kemudian semakin banyak kenalan dengan Blogger dari berbagai daerah, eh…ternyata kebanyakan dari mereka sudah punya fokus dalam menulis sehingga dikenal sebagai: Mom Blogger, Travel Blogger, Lifestyle Blogger, Techno Blogger, dan masih banyak istilah lainnya sesuai dengan¬†passion¬†mereka.

Ya….namanya juga usaha. Maksudnya, usaha untuk mendapatkan pengakuan atau kepercayaan dari klien sebagai pembuat konten. Jadi, hasil karya juga harus diunggah yang bisa dimanfaatkan sebagai portofolio. Ya….siapa tahu ada hoki di sana. ūüėČ

Internetan Happy Bebas Worry Kalau Pakai Smartfren Unlimited Nonstop.

Ada yang masih suka was was kehabisan kuota internet saat sedang asyik-asyiknya streaming? Atau, ada yang masih ragu kalau paket internet yang sudah dibeli enggak bisa bertahan sampai satu bulan? Jangan-jangan kamu adalah termasuk orang yang rajin banget cek kuota internet karena saking takutnya pulsa utama bakal tersedot saat kuota internet habis. Hayoloo, kamu belum pakai Smartfren¬†Unlimited,¬†ya! ¬†ūüėÄ

Jadi, begini ceritanya~~

Smartfren Unlimited Nonstop! Internetan Happy Bebas Worry

Provider Smartfren, kan, memang sudah terkenal banget dengan paket¬†unlimitednya, nih. Pengguna provider ini enggak pernah ada canggung, ragu, apalagi takut akan kehilangan pulsa utama setelah paket data internet habis. Kali ini Smartfren lebih lebih “gila” lagi dengan menghadirkan paket Smartfren Unlimited Nonstop.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, ‚ÄúSmartfren sebagai pelopor paket Unlimited, terus melahirkan inovasi baru yang makin relevan. Kita lihat sekarang tren-nya orang-orang upload konten dalam bentuk video ke TikTok, Instagram Reels atau YouTube. Mereka juga menikmati streaming¬†film serial K-Drama atau mempelajari hal – hal baru dari video-video tutorial. Karena itu kami hadirkan Smartfren Unlimited Nonstop agar mereka bisa melakukan passion digitalnya itu tanpa khawatir. Paket Unlimited Nonstop ini bisa bikin kamu nonstop internetan tanpa sedot pulsa, karena saat kuota utama habis, pelanggan akan mendapatkan akses nonstop.‚ÄĚ

Pelanggan bisa memakai Smartfren Unlimited Nonstop untuk akses aplikasi apapun selama 24 jam, serta mendapatkan akses nonstop setelah kuota utama habis. Paket Unlimited Nonstop tersedia dalam bentuk kartu perdana dan voucer data yang dijual mulai dari harga Rp 10 ribu (dapat kuota 2 GB) sampai Rp 100 ribu (dapat kuota 45 GB). Ah…kalau sudah pakai paket internet Unlimited Nonstop dari Smartfren, punya lebih dari 5 hobi yang sangat menguras kuota Internet pun enggak masalah, ya. ūüėČ

Omong-omong, apakah kamu punya hobi lain yang juga menguras kuota internet? Boleh dibagikan di kolom komentar, dong! ūüėČ

Baca lagi 5 Kegiatan Menyenangkan untuk Mengisi Waktu Luang.

You Might Also Like

18 Comments

  1. Dw

    Scrolling sosmed paling boros sih kalau saya wkwk karena tuntutan pekerjaan sih jadi sejak itu saya pake dual sim, dan emang udah pas banget pake smartfren

  2. Myra (Keke Naima)

    Saya terkadang mikir, kalau gak berkecimpung di dunia digital kayaknya bakal off medsos. Tapi, tetap bakal internetan. Karena kayaknya sulit untuk gak streaming film. Jadi tetap butuh internet yang kenceng.

  3. nchie hanie

    Bhuahahaa hobi yang menguras kuota internet, tapi menyenangkan dan menghasilkan bikin tambah happy. Ga perlu khawatir lagi selama ada smartren unlimited nonstop ya Idaah. Ahh, makin tambah semangat menekui hobiii, meski sambil rebahan tetep menghasilkan eeaa..

  4. Nurul Fitri Fatkhani

    Internet itu bagi masyarakat sekarang sudah jadi kebutuhan pokok saja, ya. Selain untuk hobi juga banyak kebutuhan yang menggunakan jaringan internet. Jadi kalau ada internet yang unlimited pastinya seneng sekali dong!

  5. Gioveny

    Kuota internetku aman Insya Allah karena pake unlimited by.u
    Semua yg disebutkan di atas bisa jadi sebuah gerbang inovasi

  6. Diah Alsa

    yang nomor 2 itu kok kayak lagi curhat? *LOL
    bener banget nih, selama pandemi ini lebih terasa lagi dong ya penggunaan kuota internet yang menguras kantong bisa 2x lipatnya, kalau yang pakai WiFi di rumah sih kayaknya masih gak begitu berasa ya, tapi coba deh yang ngandelin kuota internet biasa, duuuh pasti berat, syukurnya ada Smartfren Unlimited Non stop ya jadi bisa lebih hemat, hobi pun juga tetap jalan, cuan juga bisa jadi mendekat dong ini ūüôā

  7. Yuni Handono

    Sependapat nih sama aku, lima hal yang bikin kuota internet habis tapi tetap dilakukan hehehe…namanya juga blogger ya mbak suka nyari tutorial yang ada gerakannya seperti di YT. Waah smartfren keren nih, jadi pengen berpindah ke provider ini untuk urusan yang online.

  8. indah savitri

    hobby akan selalu buat hati bahagia ya Idaaaah.. jadi walaupun borooos tetap kudu musti dilakukan hehehe.. untung bisa lancar internetnyaaa

  9. Jiah Al Jafara

    Sebagai pengguna internet, kegiatan kaya gini emang menguras kuota banget. Tapi kan itu bisa buat konten dan hasilkan cuan. Jadi gak papa. Kita cari kuota Unlimited aja yaaa

  10. Ira Hamid

    Benar banget yaa. Tapi kalo pake paket internet Unlimited kayaknya gak bakalan terasa yaa

  11. lendyagassi

    Hiihii..iya juga yaah…
    Tapi namanya hobi ya..kudu banget dilakukan agar hati happy.
    Bebas berekspresi bersama Smartfren yang juara banget masalah kuota unlimited bebas hambatan.
    Paling suka, streaming apa aja…soalnya kadang males ngapai-ngapain, pengennya nonton. Males nonton ganti baca ebook, ganti lagi streaming musik. Wah…gak kerasa banget uda ngabisin banyak kuota yaa..

  12. Uniek Kaswarganti

    Iya nih, streamingan film tuh menguras banget yaa.. tapi gimana dong bundaa… suka niiih…
    Mantap lah ya sekarang udah ada smartfren unlimited, streaming bakalan lancar jaya dan no worry again. Jalan terooosss hobi ini.

  13. Shyntako

    Hobiku juga nih streamingan sama scroll medsos, hiburan tersendiri memang yaa tapi biasanya berat di kuota, makanya memang harus smart pilih provider yang oke paketan datanya yaaa biar lancar jaya bebas hambatan

  14. Sulung Siti Hanum

    Ini aku banget Mba. Hahaha… Boros kuota tapi butuh. Aku juga pakai Smartfren karena unlimited.

  15. Siska Dwyta

    Nah, yang paling cepat bikin kuota saya ludes itu kalau dipake streaming sepanjang hari, hehe. Untungnya sekarang udah pake smartfren apalagi yang unlimited jadi bebas internetan sepanjang hari tanpa worry kuota inet habis.

  16. Nyi Penengah

    Internet lancar nih luar biasa banget bikin hepi, soalnya aku juga kalau inet lancar ada hiburan. Sekarang ini jarang ngeblog lagi istirahat hehehe. Jadi hiburannya nonton.

  17. rere

    Thanks for sharing

  18. 5 Cara Mengubah Hobi Menjadi Profesi - ^_^ Langkah Baruku ^_^

    […] banyak banget cara mengubah hobi menjadi profesi. Namun, setidaknya lima cara ini bisa kamu lakukan untuk mewujudkan kesehatan […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: