Mengapa Harus Membersihkan Tangan dengan Sabun Cuci Tangan?

mengapa harus mencuci tangan

Dengan semakin besarnya perhatian terhadap kesehatan dan kebersihan, praktik mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Tindakan sederhana ini telah terbukti efektif dalam menghilangkan kuman, bakteri, dan zat berbahaya lainnya yang mungkin menempel pada tangan.

Perlu kamu ketahui, sabun cuci tangan bukan hanya sekadar pembersih. Sabun ini juga merupakan alat yang kuat dalam memerangi penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan individu maupun masyarakat secara keseluruhan.

Lalu, mengapa harus mencuci tangan menggunakan sabun? Mari lihat bersama apa kira-kira alasannya dalam ulasan di bawah ini.

Cara cuci tangan

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Sabun Cuci Tangan

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang sering terpapar oleh berbagai macam kuman dan bakteri. Oleh karena itu, kamu harus mencuci tangan dengan menggunakan sabun supaya bersih. Mencuci tangan dengan sabun adalah tindakan yang sederhana namun sangat penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu harus membersihkan tangan menggunakan sabun untuk cuci tangan:

alasan harus mencuci tangan

  • Menghilangkan kuman dan bakteri

Kedua tangan adalah media yang sempurna bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Tanpa disadari, kamu mungkin sering menyentuh permukaan yang terkontaminasi, seperti gagang pintu, uang, atau benda lain yang dapat menjadi sarang kuman.

Karena itulah, mencuci tangan dengan sabun adalah cara efektif untuk membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel pada kulit tangan.

  • Mencegah penyebaran penyakit

Banyak penyakit menular yang dapat disebarkan melalui kontak tangan, seperti flu, diare, dan juga infeksi saluran pernapasan. Ketika kamu membersihkan tangan tanpa sabun setelah menyentuh permukaan yang terkontaminasi, maka kuman dan bakteri akan tertinggal di tanganmu.

Selanjutnya kuman dan bakteri tersebut akan menyebar ke orang lain melalui kontak langsung atau lewat benda yang kamu sentuh. Oleh sebab itu, cucilah tanganmu sesering mungkin untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit.

  • Membantu memutus rantai penularan

Salah satu alasan utama mengapa pandemi COVID-19 dapat cepat menyebar adalah melalui kontak tangan. Virus dapat menempel pada kulit dan jika tidak mencuci tangan, kamu dapat dengan mudah menyebarkannya ke area lain di tubuhmu. Seperti wajah, mulut, juga hidung.

Dengan mencuci tangan memakai sabun, kamu akan dapat membantu memutus rantai penularan virus dan mengurangi risiko penyebaran penyakit.

  • Membersihkan kotoran dan zat berbahaya lainnya

Selain kuman dan bakteri, tangan juga dapat terpapar oleh kotoran, debu, atau zat berbahaya lainnya. Mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan yang tepat dapat membantu membersihkan tangan. Terutama dari kotoran serta zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan.

  • Merawat kebersihan pribadi

Alasan selanjutnya adalah mencuci tangan dengan sabun juga merupakan bagian penting dari menjaga kebersihan pribadi. Tangan yang bersih tidak sekedar memberikan perlindungan terhadap penyakit. Akan tetapi juga mencerminkan pola hidup yang sehat dan menjaga kesejahteraan diri sendiri maupun orang-orang yang ada di sekitarmu.

  • Mengurangi risiko infeksi nosokomial

Infeksi nosokomial merupakan infeksi yang didapatkan oleh pasien di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Media utama penyebaran infeksi ini adalah melalui tangan. Sebab kuman dan bakteri dapat dengan mudah berpindah dari satu pasien ke pasien lain melalui sentuhan tangan.

Dengan mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun, maka tenaga medis dan pengunjung dapat mengurangi risiko penyebaran infeksi. Tentunya hal ini akan melindungi kesehatan pasien.

  • Efektivitas yang lebih baik daripada air biasa

Mencuci tangan dengan air saja tidak efektif dalam menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel pada kulit. Maka dari itu, kamu harus mencuci tangan pakai sabun. Pasalnya sabun tersebut mengandung bahan kimia yang khusus untuk membunuh kuman dan mengangkat kotoran, minyak, serta lapisan lemak di tangan.

Sehingga bisa dipastikan tanganmu sudah benar-benar bersih dan bebas dari mikroorganisme berbahaya.

  • Membantu menjaga kelembapan kulit

Pembersihan berulang tanpa penggunaan sabun yang tepat dapat menyebabkan kulit menjadi kering, pecah-pecah, atau iritasi. Oleh karenanya, gunakan sabun untuk mencuci tanganmu. Utamanya sabun yang memiliki formula yang lembut dengan bahan pelembap. Sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit tanganmu.

  • Mengajarkan kebiasaan higienis kepada anak-anak

Membersihkan tangan dengan sabun adalah praktik kebersihan yang penting dan perlu diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Dengan membiasakan mereka mencuci tangan memakai sabun secara teratur, kamu telah membantu membentuk kebiasaan higienis. Kebiasan ini akan mereka bawa sepanjang hidupnya.

Mencuci tangan dengan sabun pencuci tangan merupakan langkah kecil namun bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit. Oleh karena itu, sangat penting untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun secara teratur.

Terutama sebelum dan setelah melakukan aktivitas yang melibatkan kontak dengan permukaan yang mungkin terkontaminasi. Dengan melakukan tindakan ini, sudah pasti kamu dapat menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat secara keseluruhan.

Nah, sekarang coba cek sabun pencuci tanganmu di rumah, masih ada atau sudah habis? Kalau sudah habis, di Blibli tersedia banyak lho. Blibli adalah platform jual beli online yang menyediakan berbagai kebutuhan termasuk sabun cuci tangan yang aman untuk kesehatanmu. Tak percaya? Cek saja langsung ke Blibli ya!

You Might Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: